Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membangun Karakter Kreatif Siswa Di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar
Keywords:
Projek Penguatan Karakter Pelajar Pancasila, Karakter, Kreatif SiswaAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan profil pelajar Pancasila dalam membangun karakter kreatif siswa di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila siswa dapat membangun karakter kreatif siswa dan dimensi profil pelajar Pancasila lainnya. Selain itu, siswa diberi ruang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membangun karakter siswa di UPT SPF SD Inpres Panaikang 1/1 Kota Makassar terimplementasi dengan baik.
References
Agustin, T. A., Rakhman, P. A., & Cipta, N. H. (2023). Strategi Guru Dalam Menghadapi Karakteristik Peserta Didik Yang Berbeda-Beda Melalui Pemanfaatan Gaya Belajar Di Sekolah Dasar Cilegon Ii. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1144-1150.
Anggraena, Yogi. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Amelia Rizky Idhartono, “Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita”, Jurnal Teknologi Pembelajaran, Vol.6, No.1, 2022, h.93 (https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150. Diakses 25 Oktober 2023).
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67-75.
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001-1006.
Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literasi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13-19
Deni, Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru, (Bandung: YRAMA WIDYA, 2022), h. 22 (https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925, Diakses 25 Oktober 2023).
Indonesia, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58-67. (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/oai, Diakses 25 Oktober 2023).
Kemendikbud Ristek. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Kurikulum Merdeka.
Khoirurrijal, K., Fadriati, F., Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, T & Suprapno, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi Perumahan.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830-838. (https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407, Diakses 25 Oktober 2023).
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi implementasi program profil pelajar pancasila di smp swasta sultan agung pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282-289. (https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51, Diakses 26 Oktober 2023).
Sibagariang, H. Sihotang, dan E. Murniarti. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 (2),88(http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/,Diakses 24 Oktober 2023).
Suwandayani, Beti Istanti, and Nafi Isbadrianingtyas. 2017. “Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar.” SENASGABUD 1 (1).
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, (https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.74, Diakses 24 Oktober 2023).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Desi, Burhan Burhan, Nurwidyayanti Nurwidyayanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.