PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA SIM CARD TELKOMSEL DI DESA TOMPUDAU

Authors

  • Febrianti Febrianti Magister Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universtas Bosowa
  • Seri Suriani Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universtas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1189

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada konsumen sim card Telkomsel di Desa Tompudau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Tompudau sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Peneliti mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh responden. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan persepsi setuju terhadap seluruh pernyataan kuesioner yang dibagikan. Hasil penelitian koefisien jalur model pertama menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap kepuasan dengan signifikansi sebesar 0,055 dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian pada koefisien jalur model kedua menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,045 dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000. Pada pengujian Analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan tidak mampu memediasi antara brand image dengan loyalitas pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan mampu memediasi antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan.

This study aims to determine the effect of variable brand image and product quality on customer loyalty through customer satisfaction on Telkomsel sim card consumers in Tompudau Village. This type of research is quantitative research with a descriptive approach. The respondents in this study were the Tompudau village community as many as 100 people using the Slovin formula. Researchers collect data by distributing questionnaires to all respondents. The results of descriptive statistics show that the majority of respondents stated their perception of agreeing to all of the distributed questionnaire statements. The results of the first model path coefficient research show that brand image has an effect on satisfaction with a significance of 0.055 and product quality has an effect on customer satisfaction with a significance of 0.000. The results of the research on the path coefficient of the second model show that brand image affects customer loyalty with a significance of 0.000, product quality affects customer loyalty with a significance of 0.045 and customer satisfaction affects customer loyalty with a significance of 0.000. The path analysis test shows that satisfaction is not able to mediate between brand image and customer loyalty. While customer satisfaction is able to mediate between product quality and customer loyalty

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, A. David. 2013. Manajemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa: Aris Ananda, Spektrum Mitra Utama. Jakarta.

Adisaputra, Najid Bangun. 2011. Pengaruh Brand Image Speedy Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Wilayah Kota Semarang, Jurnal Manajemen dan Bisnis UNDIP. Semarang.

Ali Hasan. 2014. Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Arlan, Tjahyadi, Rully. 2006. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1

Augusty, Ferdinand. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Indoprint. Semarang.

Chaudhuri, A., & Holbrook, M, B. (2001). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance : The role of brand loyalty. Journal of Markening, 65 (20, 81-93

Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Febriani, Korry. 2008. Program Loyalitas Pelanggan Dalam Meningkatkan Citra Merek, Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kartika, Sukmawati. 2011. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api Ekskutif. Skipsi.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ketigabelas, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip, Amstrong, Gary dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2, Edisi Kesebelas, terjemahan Bob Sabran,MM. Erlangga. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Edisi Ketiga, Erlangga. Jakarta.

Lovelock, Cristoper dan Laurent K. Wereigh. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa,PT. Indeks. Jakarta.

Nazhir, Moh. 1983. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia. Jakarta.

Pramudyo, Anung. 2012. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Di Yogyakarta, JBMA-Vol 1, No.1. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rambat, Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat. Jakarta

Ratry, Lutiary Eka. 2007. Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) Operator Selulur Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyality) Pada Mahasiswa Pengguna Telpon Seluler, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis UNDIP. Semarang.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Lesli L. 2008. Consumer Behaviour, 7 Edition (Perilaku Konsumen). PT. Indeks. Jakarta.

Setiadi, J Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Prenada Media. Jakarta.

Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. STIE YKPN. Jakarta.

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis, PT. Gramedia. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2010. Riset Strategi Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Febrianti, F., Saleh, H., & Suriani, S. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA SIM CARD TELKOMSEL DI DESA TOMPUDAU. Indonesian Journal of Business and Management, 4(2), 139–146. https://doi.org/10.35965/jbm.v4i2.1189

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>