STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN SEMEN

STUDI KASUS PT SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Miah Said Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.2017

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran (7P), Tingkat Penjualan Semen, Semen Tonasa, Pangkep

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan variabel produk, harga, promosi, tempat, bukti fisik, orang, dan proses terhadap tingkat penjualan semen pada PT Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam hal ini metode kuantitatif yang digunakan adalah metode survey. Populasi, konsumen yang menggunakan produk, diambil sampel sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan uji moderating dengan uji residual. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel produk, harga, promosi, tempat, bukti fisik, orang, dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan semen di PT Semen Tonasa.

The purpose of this study was to find out and analyze the positive and significant influence of product, price, promotion, place, physical evidence, people, and process variables on the level of cement sales at PT Semen Tonasa in Pangkep Regency. This type of research is quantitative research. In this case, the quantitative method used is a survey method. Population, consumers who use the product, and samples were taken from as many as 100 respondents. Hypothesis testing using multiple regression analysis and moderating test with a residual test. The results of this study prove that the product, price, promotion, place, physical evidence, people, and process variables have a positive and significant effect on the level of cement sales at PT Semen Tonasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Ramadhanti, 2017. Pengaruh Marketing mix (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah Di Samarinda, eJournal Administrasi Bisnis, 2017, 5 (2): 269-282 ISSN 2355-5408, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id © Copyright 2017.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Afif Fadin Amrullah, 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Makanan Mie Instan (Studi Kasus Konsumen Indomie Pada Koperasi Handayani Unnes) Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran, Rajawali Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Assegaf Abdullah, 2010. Kamus Akuntansi, PT. Mario Grafika, Jakarta.

Alimiyah & Padji, 2012.Kamus Istilah Akuntansi. Yrama Widya, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketigabelas, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Dina, Fitriyono. 2014. Analisis Pengaruh Marketing mix Terhadap Volume Penjualan Produk, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.3, No. 11, 2014.

Geraldy, Tembajong, Marketing mix Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado, Jurnal EMBA, Vol.1, No.3, September, 2013

Galuh Dian Paramita Wijaya, Retno Astuti, Rizky L. R. Silalahi, 2014. Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Marketing mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Buah Apel Malang Di Giant Mall Olympic Garden, Jurnal Universitas Brawijaya Malang.

Gujarati. 2005. SPSS Versi 16 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, BP UNDIP, Semarang.

Haritsya Khulud, Zainul Arifin &Wilopo, 2016. Analisa Pengaruh Marketing mix Terhadap Volume Ekspor (Studi Dengan Pendekatan Biaya Pada Komoditi Kopi Di PT. Asal Jaya) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 32 No. 2 Maret 2016.

Heizer, J. & Render, B. 2011. Operations Management. Tenth Edition. Pearson, New Jersey, USA

Indriyo Gitosudarmo, 2012, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan keempat, BPFE – Yogyakarta.

Karim, Djamaluddin, Jantje L. Sepang, dan Bode Lumanauw, 2014.Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group, Jurnal EMBA, Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal. 421-430, 2014.

Kotler Philip & Gary Amstrong., 2010. Principles Of Marketing (Edisi 13), Pearson, USA

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, 14th Edition, Pearson, United States of America.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Salemba Empat, Jakarta.

Lovelock, Christopher, and Jochen Wirtz. 2011. Service Marketing, People, Technology, Strategy. Prentice Hall Upper Sadle River, New Jersey.

Mc Daniel Carl, Charles W. Lamb, Joseph F. Hair,. 2011. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Murianki Morris Morithi, 2015. Effects of Personal Selling on Sales: A Case of Women Groups in Imenti North District, Meru County, Kenya, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences January 2015, Vol. 5, No. 1 ISSN: 2222-6990.

Nuri Arisa, 2017. Pengaruh Marketing mix Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung), Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis IslamInstitut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hurriyati Ratih, Dr., M.Si. 2010. “Marketing mix dan Loyalitas Konsumen”, CV Alfabeta, Jakarta.

Raisza Makis, 2011, Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Omzet Penjualan Mobil Merek Toyota Avanza Di Showroom PT. Johar Megah Motor Makassar, Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Rangkuti, Freddy. 2010. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ramadhan, Muh. Djamiluddin, 2014. Pengaruh Marketing mix (7P) Terhadap Penjualan Valas Pada PT. Haji La Tunrung AMC Di Makassar, Skripsi Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto, 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Liberty Yogyakarta.

Swasta Basu dan Hani Handoko, 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Sulaiman, 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Marisa Mart Di Marisa, Vol. 2 No.2 Apr-Jun 2017 Jurnal Ilmiah Karimah STIE Amkop Makassar ISSN : 2089-9351

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono, Prof. Dr., 2015. Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi, Alfabeta, Bandung.

Sumarno, Alim., 2012. Penelitian Kausalitas Komparatif, Elearning Unesa, Surabaya.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Utari, Woro, 2011. Analisis Strategi marketing mix Marketing Mix PT. Combhipar serta Pengaruh Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 2(2):245 -258.

Zulmi Nur Malik, 2015. Pengaruh Marketing mix Terhadap Volume Penjualan Notebook Merek Acer Pada CV. Galaksi Komputer Di Samarinda, . e-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 2015, 3 (4): 821-831,ISSN 2355-5408, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id

Winardi, 2013. Aspek-aspek Marketing mix. Mandar Maju, Bandung.

Zeithaml, Valarie A., Bitner, Mary Jo and Dwayne D. Gremler. 2013. Services Marketing. Integrating Customer Focus across the Firm, 6th Edition, McGraw-Hill Irwin, New York.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Said, M. (2022). STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN SEMEN: STUDI KASUS PT SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP. Indonesian Journal of Business and Management, 5(1), 166–172. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i1.2017

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3