PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SISWA DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MELALUI BAURAN PEMASARAN

Authors

  • Retno Ayu Kusuma Ningrum Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Herminawati Abubakar Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Miah Said Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2651

Keywords:

Strategi, Marketing Mix, Sekolah Alam Bosowa, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing mix dan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam penerapan strategi marketing mix pada Sekolah Alam Bosowa. Tujuan lainnya juga untuk mengetahui bagaimana strategi Sekolah Alam Bosowa dalam menghadapi persaingan dengan sekolah dasar lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi secara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini yaitu hasil analisis SWOT yang didapatkan oleh peneliti, Sekolah Alam Bosowa dapat memanfaatkan marketing mix 7P ini dengan baik dan berdasarkan data yang diolah hasil dari diagram cartesius menunjukkan posisi produk Sekolah Alam Bosowa terletak pada kuadran I yaitu Growth. Dengan demikian berdasarkan analisis SWOT diatas strategi pemasaran produk di Sekolah Alam Bosowa dapat meningkatkan jumlah siswa baru, artinya melalui bauran pemasaran ini Sekolah Alam Bosowa memiliki keunggulan bersaing dengan sekolah-sekolah dasar lainnya yang ada di Kota Makassar dan variabel yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah siswa menurut hasil penelitian peneliti menggunakan analisis SWOT yakni variabel produk dan promosi.

This study aims to find out how to apply the marketing mix strategy and the strengths, weaknesses, opportunities, and threats in implementing the marketing mix strategy at Bosowa Nature School. Another goal is to find out how Bosowa Nature School's strategy is in facing competition with other elementary schools. This study uses a quantitative approach. Data collection techniques are direct observation and documentation. Data were analyzed using SWOT analysis. The results of this study are the results of the SWOT analysis obtained by researchers, Bosowa Natural School can make good use of this 7P marketing mix, and based on the processed data, the results of the Cartesius diagram show the position of Bosowa Natural School products in quadrant I, namely Growth. Thus, based on the SWOT analysis above, the product marketing strategy at Alam Bosowa School can increase the number of new students, meaning that through this marketing mix, Alam Bosowa School has a competitive advantage over other elementary schools in Makassar City and the variable that has the most influence on increasing the number of students according to the results of the study the researchers used a SWOT analysis, namely product and promotion variables.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Syafa`at dan Abdul Wahid, 2020. Startegi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot dengan Matriks IFAS dan EFAS di PT. Bagoes Tjipta Karya. Jurnal Knowledge Industri Engineering. Volume 7, No. 03. 2020

Adreas, 2021. Penerapan Strategi Promosi dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Wibinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No. 6 Tahun 2021.

Afidatun Khasanah, 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal El-Tarbawi, Vol. VIII, No. 2.

Anggung Gadinia dan Surisno Satrijo Utomo, 2015. Komunikasi Pemasaran Yayasan Auliya Al-Amin Cendekia untuk Membangun Brand Image Konsumen terhadap Sekolah Alam Auliya Kendal. Paper Jurnal Online. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Ani Rakhmanita, 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, dan Sarana terhadap Proses Keputusan Memilih Sekolah pada Sekolah Alam Tangeran. Jurnal Widya Cipta, Vol. VII, No. 2 September 2015.

Artaqilla, 2017. Indikator, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembeli. Melalui https://artaqillah.blogspot.com diakses pada tanggal 20 Juni 2021.

Bambang Wiyono, 2020. Produk-Produk Jasa Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 3, Nomor 2. April 2020.

Buchari Alma, 2009. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Cristopher Lovelock, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry, 2016. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Persfektif Indonesia. Buku 1.

Diana Puspita Sari dan Abdrizal Aktafianto, 2017. Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot dan Matriks IFAS – EFAS pada CV. DINASTY. Makalah pada Seminar Nasional IENACO 2017 Universitas Diponegoro.

Dwi Safiroh dan Liduina Asih Primandari, 2020. Analisis Swot dalam Penentuan Bobot Kriteria pada Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Analytic Network Process. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. STIMIK Pradnya Paramita Malang, Volume 14. No. 1, Mei 2020.

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Fandy Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Farida Jasfar, 2009. Manajemen Jasa. Ghalia Indonesia, Bogor.

Fendy Hariatama, 2021. Analisis Swot terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama Palangka Raya. Jurnal Edunamics, Volume 2, No. 1, Januari 2021.

Hargo Utomo, 1993. Manajemen Pemasaran. Gunadarma, Jakarta.

Irham Fahmi, 2013. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Alfabeta. Bandung.

Istofia Zulfa dan Tuwis Hariyani, 2022. Implementation of the 7P Marketing Mix in Increasing Sales Volume of Powerful SMES in Kediri Regency During the Covid-19 Pandemic.

Kotler dan Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan G. Armstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Dierjemahan oleh Halim, 2013. Jakarta. Penerbit Airlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education. Inc

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2010), Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Linda Aprillia dan Syunu Trihantoyo, 2018. Pembelajaran Berbasis Alam dalam Pembentukan Karakter Siswa Cinta Lingkungan dan Berbasis Religi Islami di Jenjang SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Unesa. Volume 6, No. 2. 2018.

M. Dayat, 2019. Stategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Muallim Volume 1, No. 2 Juli 2019

M.N. Nasution, 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Ghalia Indonesia, Bogor.

Maisah, Mahdayeni, Maryam, dan Muhammad Roihan Alhaddad, 2020. Penerapan 7P sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Informasi. Volume 1, Issu 4, Maret 2020.

Mu`allim, 2019. Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Yudharta. Volume 1 Nomor 2, Juli 2019.

Mutia Arda, 2019. Meningkatkan Keunggulan Bersaing Melalui Analisis Swot. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia. Volume 2, No.1. 2019.

Nirwana Andi, 2012. Pemasaran Jasa. Jakarta. Penerbit Alta.

Nugroho J. Setiadi, 2003. Perilaku Konsumen. Konsep dan Inplikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta. Penerbit Prenada Media.

Onny Fitriana Sitorus dan Novelia Utami, 2017. Strategi Promosi Pemasaran. Buku Ajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta.

Philip Kotler, 1996. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jilid 1. Edisi Keenam. Jakarta. Penerbit Erlangga.

Rahma Ngaisah, Rina Nurhayati, dan Ayi Nurbaeti, 2020. Analisis Penerapan Strategi Harga dan Diferensiasi Produk dalam Keunggulan Bersaing di Sekolah Alam Purwakarta. Jurnal Eksisbank, Vol. 4, No. 1, Juni 2020.

Rambat Lupiyadi dan A. Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Rangkuti. (2018). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratih Hurriyati, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Fokus pada Konsumen Kartu Kredit Perbangkan. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Risya, Putri. (2014). Pengembangan Daya Tarik Kawasan Wisata Bunga Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. (Jurnal). UPI.

Robbins, S. 2007. Perilaku Organisasi. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. Penerbit PT. Prehallindo.

Sholihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategi. Jakarta: Erlangga.

Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi, Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung.

Suharno. (2010). Marketing In Practice. Bandung: CV. Alvabeta.

WH Tuddin, 2015. Kajian Teori Motivasi Konsumen. Diakses pada link http://etheses.uin- malang.ac.id Hal: 8-9.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Defenisi Sikap dan Perilaku. Diakses pada link http://id.wikipedia.org diakses pada tanggal 27 Juni 2022

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ningrum, R. A. K., Abubakar, H. ., & Said, M. (2023). PENGARUH KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH SISWA DI SEKOLAH ALAM BOSOWA MELALUI BAURAN PEMASARAN. Indonesian Journal of Business and Management, 5(2), 360–366. https://doi.org/10.35965/jbm.v5i2.2651

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>