ANALISIS DAMPAK KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA DI INDOMARET KOTA MAKASSAR

Authors

  • Taufik Taufik Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Muhammad Kafrawi Yunus Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Chahyono Chahyono Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3793

Keywords:

Kenaikan BBM, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian, dan untuk mengetahui peran perilaku konsumen dalam memediasi kenaikan harga terhadap keputusan pembelian pada minimarket Indomaret Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksankan pada bulan Oktober sampai November tahun 2022 di Minimarket Indomaret yang terletak di Kecamatan Biringkanaya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan analisis pathway. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan BBM berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Kenaikan harga yang terjadi menyesuaikan dengan biaya produksi yang juga meningkat. Kenaikan harga BBM dapat memberikan beban berat bagi masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah. Namun, masyarakat berbelanja di Indomaret hanya sesuai dengan keperluan yang mendesak. Perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Perilaku konsumen juga dipengaruhi dari faktor ketersediaan produk yang baik disertai dengan kualitas yang juga baik karena produk selalu menyediakan barang yang memiliki masa kadaluwarsa yang lama sehingga aman saat disimpan. Meskipun dengan harga yang lebih tinggi, responden tetap berbelanja di Indomaret karena keterbatasan waktu. Kenaikan BBM yang dimediasi oleh variabel perilaku konsumen berpengaruh terhadap keputusan konsumen dapat diterima. Perilaku dari konsumen dapat meredam dampak kenaikan harga BBM untuk berbelanja di Indomaret karena kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu yang cepat.

This study aimed to determine the effect of price on purchasing decision; to determine the effect of consumer behavior on purchasing decision; and to determine the role of consumer behavior in medicating price increases on purchasing decision at Indomaret Makassar minimarket. This type of research was quantitative research. This research was carried out from October to November 2022 at the Indomaret Minimarket which is located in the Biringkanaya Sub-district. Data collection techniques were observation, interview, and documentation study while data analysis used  pathway analysis. The result of the study showed that the increase in fuel prices has an effect on consumer behavior. The price increase that occurs adjusts to production costs which also increase. The increase in fuel prices can place a heavy burden on the community, especially the lower middle class. However, people shop at Indomaret only according to urgent needs. Consumer behavior influences purchasing decision. Current consumer behavior is also influenced by the factor of good product availability accompanied by good quality because the product always provides goods that have a long expiration date so they are safe when stored. Even with higher prices, respondents still shop at Indomaret due to time constraints. The increase in fuel prices, which is mediated by consumer behavior variables can influence consumer decision to be accepted. The behavior of consumer can reduce the impact of rising fuel prices for shopping at Indomaret because of needs that must be met in a short time.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke-13, Alfabeta, Bandung.

Anton Bawono, Multivariente Analysis dengan SPSS, (Salatiga: STAIN Salatiga Press, 2006).

Dina Amanda, Pengaruh Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Antara Pengaruh Kepercayaan dan Atribut Produk Tabungan Batara IB Terhadap Loyalitas Nasabah. (Palembang: Skripsi UIN Raden Fatah, 2017)

Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: FE UNDIP.

Ghozali, Imam, (2018) Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Cetakan kesembilan, edisi kesembilan, Semarang Penerbit: Universitas Diponegoro

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Erlangga, Yogyakarta.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete, (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016).

Imam Ghazali, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006).

Kotler dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi13 jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benyamin Molan, Jilid 1, Cetakan Ke 2, Indeks, Jakarta.

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke-1, Alfabeta, Bandung.

Pindyck, R.S. & Rubinfeld, D.I. (2014). Mikroekonimi edisi ke delapan. Jakarta: Indeks

Reuben M. Baron and David A. Kenny, The Moderator-Mediator Variable Distinction In Social Psychological Research: Conceptual Strategic and Statistical Considerations, Journal of Personality and Social Psychologi. Vol. 51, No. 6, 1173-1182. Americal Pshcological Association, Inc. 1986.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Taufik, T., Yunus, M. K., & Chahyono, C. (2023). ANALISIS DAMPAK KENAIKAN HARGA BBM TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA DI INDOMARET KOTA MAKASSAR. Indonesian Journal of Business and Management, 6(1), 162–166. https://doi.org/10.35965/jbm.v6i1.3793

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3