PENGARUH PELATIHAN, PAMERAN, DAN BANTUAN ALAT TERHADAP PENINGKATAN OMZET UMKM MELALUI PERILAKU WIRAUSAHA DI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v7i1.5242Keywords:
Pelatihan, Pameran, Bantuan Alat, Perilaku Wirausaha, Omzet, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, pameran, dan bantuan alat terhadap peningkatan omzet UMKM di Kota Makassar melalui perilaku wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data dikumpulkan dari 235 responden yang merupakan pelaku UMKM di Kota Makassar. Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa pelatihan, pameran, dan bantuan alat secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan omzet. Secara khusus, perilaku wirausaha memediasi hubungan antara pelatihan dan pameran dengan peningkatan omzet. Temuan ini menekankan pentingnya dukungan komprehensif untuk meningkatkan kinerja UMKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan, pameran, dan bantuan alat berpengaruh terhadap perilaku wirausaha dengan nilai R Square sebesar 64,5%. Namun, pelatihan dan bantuan alat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku wirausaha. Pelatihan, pameran, dan bantuan alat berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan omzet dengan nilai R Square sebesar 31,8%. Perilaku wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan omzet UMKM. Setelah dianalisa, data menunjukkan bahwa pelatihan, pameran dan bantuan alat berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap peningkatan omzet UMKM melalui perilaku wirausaha.
This research aims to analyze the influence of training, exhibitions and equipment assistance on increasing the turnover of MSMEs in Makassar City through entrepreneurial behavior. This research used quantitative approach and survey methods, data was collected from 235 respondents who are MSMEs in Makassar City. Multiple linear regression analysis shows that training, exhibitions and tool assistance significantly influence increasing turnover. Specifically, entrepreneurial behavior mediates the relationship between training and exhibitions and increasing turnover. These findings emphasize the importance of comprehensive support to improve MSMEs performance and support local economic growth. The research results show that training, exhibitions and tool assistance have an influence on entrepreneurial behavior with an R Square value of 64.5%. However, training and tool assistance did not have a positive and significant effect on entrepreneurial behavior. Training, exhibitions and tool assistance have a positive and significant effect on increasing turnover with an R Square value of 31.8%. Entrepreneurial behavior has a positive and significant effect on increasing MSMEs turnover. After analysis, the data shows that training, exhibitions and equipment assistance have a positive effect but don’t have a significant effect on increasing MSMEs turnover through entrepreneurial behavior.
Downloads
References
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Becker, G. S. (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis with Special Reference to Education. Chicago: The University of Chicago Press.
Berla, A. (2017). Pengantar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Bandung: Penerbit Bisnis Kreatif.
Brown, L. et al. (2019). Entrepreneurship Training Programs and Their Impact on Business Performance: A Review of Evidence
Chahyono, dkk. (2023). Food and Beverage Service Business Continuity in Makassar, Indonesia. Makassar. Vol. 54 No. 11 tahun 2023. ISSN: 1000-1298.
Echsanullah, M, dkk (2018). Pameran, Personal Selling dan Iklan Media Online dalam Mendorong Penjualan Property.
Fadlilah, Nur. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Barbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika SMP.
Freed, E. H., & Mangun, K. G. (2005). Marketing Exhibition Strategies. New York: McGraw-Hill.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasmirah, N. (2017). Pengaruh Bantuan Peralatan Pemerintah terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah di Kecamatan Wara.
Hastuti, E., dkk. (2020). Manajemen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Yogyakarta: Andi.
Irawati, Rina. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan terhadap Pengembangan Usaha Kecil. Malang.
Iskandar, dkk. (2018). Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Hambatan Yang Dialami Mahasiswa Pewirausaha. Kuningan.
Kaswan. (2016). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta
Kongrat, N., dkk. (2011). Strategi Promosi Pameran. Jakarta: Gramedia.
Kotler, P. (2000). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Laporan tahunan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2020.
Larasati, N. (2022). Metode dan Strategi Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan. Jakarta: Penerbit Pendidikan.
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi
Leorensi, A. (2010). Manajemen Pameran. Bandung: Alfabeta.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhlis Ruslan, Abdul Karim, Abd. Haris, Zulkifli dan Restaria Julita. Model for Strengthening Micro-, Small, and Medium-Sozed Enterprises in Sppoorting Sustainable Economic Enterprises. Rural Management and Agricultural Development: Rural Communities and Aid. Vol. 54 (10) 2023. ISSN: 1000-1298.
Nasikh. 2016. Pertimbangan Costs of Sustainable Promotional Media (Cspm) Yang Efektif: Langkah Mendongkrak Omzet Penjualan Produk Atau Jasa (Suatu Studi Pada Pt. Prima Yasa Malang Mulai Tahun 2011 S.D 2015)
Notoadmojo, S. (2009). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Novaldi, Muhammad, dkk (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada UMKM Pak Dj Oleh-oleh Khas Jambi).
Nugroho, Faozan Tri. (2022). Pengertian Pameran Menurut Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-jenisnya. Jakarta.
Pariyem. (2019). Variabel Determinant Pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Di Pasar Srondol. Universitas Negeri Semarang
Purnawa, Dedi. dkk (2017). Pengaruh Pelatihan dan Kreativitas Terhadap Pengembangan Usaha Pada Usaha Kecil dan Menengah di Perkampungan Industri Kecil Pulogadung Jakarta Timur.
Putri, Laras Prabowo. (2013). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PDAM Kota Malang).
Rahmawan, H., dkk. (2022). Manajemen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Bandung: Alfabeta.
Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations. New York: Free Press.
Rosyidah, dkk. (2023). Pendampingan UMKM Batik CV. Wecono Asri dalam Meningkatkan Jumlah Peminat Melalui Pameran di Car Free DayJl. Dhoho Kota Kediri. IAIN Kendari.
Salehuddin dkk. (2021). Pemberdayaan UMKM melalui Bantuan Sarana dan Prasarana. Jakarta: Pustaka Ilmu
Soeprihanto, J. (2001). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, dkk. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Bali: Nilacakra Publishing House
Swastha, B., & Irawan, H. (2017). Manajemen Pemasaran dan Penjualan. Yogyakarta: Andi.
Wiharsono, A., dkk. (2022). Manajemen Pemasaran dan Keuangan. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurfadilah Nurfadilah, Chahyono Chahyono, Muhlis Ruslan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.