PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KNOWLEDGE MANAGEMENT, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA PADA HOTEL NOVOTEL MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5151Keywords:
Karakteristik Individu, Knowledge Management, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja KaryawanAbstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja kerja terhadap kinerja karyawan, menganalisis pengaruh langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja terhadap motivasi, dan menganalisis pengaruh tidak langsung karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui motivasi kerja. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei sebanyak 32 pegawai sebagai sampel dari seluruh jumlah pegawai sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Survei dilakukan selama 2 (dua) bulan yaitu Mei s.d Juli 2024. Data dianalisis dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, karakteristik individu, knowledge management, dan lingkungan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja.
This research was conducted with the aim of: (1) analyzing the direct influence of individual characteristics, knowledge management, and the work environment on employee performance, (2) analyzing the direct influence of individual characteristics, knowledge management, and the work environment on motivation, (3) analyzing the indirect influence individual characteristics, knowledge management, and work environment directly affect employee performance through work motivation. This research uses primary data through a survey of 32 employees as a sample from the total number of 32 employees. The data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation and questionnaires. The survey was conducted for 2 (two) months from May to July 2024. The data was analyzed using the SmartPLS program. The research results showed that individual characteristics, knowledge management, and the work environment influence employee performance, individual characteristics, knowledge management, and the work environment have an indirect influence on employee performance through work motivation.
Downloads
References
Anggraini, Y. 2017. Hubungan Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Kenakalan Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2016. Menara Ilmu, 11(76), 155- 165. Anisa, S. 2018. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Helvetia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Medan).
Debora, S., Candra, Y., & Nurlina, N. 2016. Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 43-57.
Fadhil, M. (2022). Pengaruh Achievement-Motivation-Training, Religiusitas dan Resiliensi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan di Kota Makassar. Jurnal Ekonomika, 6(2), 186-193.
Handayani, L., & Suryani, N. 2019. Pengaruh Kinerja karyawan Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kinerja karyawan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 743-757.
Kheng, L. L., Mahamad, O., & Ramayah, T. 2010. The impact of service quality on customer loyalty: A study of banks in Penang, Malaysia. International journal of marketing studies, 2(2), 57-66.
Kotler, P. 2018. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: Indeks. Mangkunegara, A.A. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. N. 2001. Manajemen mutu terpadu (total quality management). Jakarta: Ghalia Indonesia. Patandianan,
S., Ratnawati, T., & Sardjono, S. 2018. Influence Of Capital Funds, Infrastructure Means, And Professionalism Human Resources On Service Quality And Patient Satisfaction Of Puskesmas District Polewali Mandar West Sulawesi. Archives of Business Research, 6 (2), 10-18
Ratnasari, S. L., SE, M., & Hartati, Y. 2019. Manajemen Kinerja karyawan Dalam Organisasi. Penerbit Qiara Media.
Rivai, V., & Sagala, E. J. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.
Saraswati, E. I. 2018. Analisis Kinerja karyawan Customer Service Dalam Pengurusan Surat Keterangan Rencana Kota Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Administrasi, 19(1), 10-18.
Sedarmayanti. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung
Siagian, S. P. 2000. Administrasi Pembangunan. Bumi Aksara, Jakarta.
Siagian, S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi.1, Cetakan.17 Jakarta, Bumi Aksara,
Tamrin, A. S., Rumapea, P., & Mambo, R. 2017. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Kantor PT. Taspen Cabang Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(046), 1-9.
Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategic, Branding Strategy, Hingga E-marketing. Andi Offset. Yogyakarta. 492 hlm.
Tjiptono, F. 2015. Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4. Cv. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjokrowinoto, M. 1996. Pembangunan: dilema dan tantangan. Pustaka Pelajar.
Utojo, H. I. 2019. Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa. Deepublish.
Wahyudi, S., & Prasetyo, I. 2020. Pengaruh Komunikasi, Tingkat Pendidikan, Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja karyawan Di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Pamekasan. Map (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 3(2), 262-275.
Wowor, F., Rorong, A., & Mambo, R. 2019. Pengaruh Kinerja karyawan Pegawai Terhadap Kinerja karyawan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 5(75), 1-6.
Yuswantoro, E. 2019. Pengaruh Pelayanan Sistem Terpadu Satu Pintu/One Stop Service Dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Ringinanom Kota Kediri. Revitalisasi, 5(2), 38-42.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. 2014. Marketing de serviços-: a empresa com foco no cliente. AMGH Editoran.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 2013, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardhyanto Trisetiawan, Haeruddin Saleh, Lukman Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







