PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA DI BPJS KETENAGAKERJAAN WILAYAH SULAWESI MALUKU
DOI:
https://doi.org/10.35965/jbm.v7i2.5157Keywords:
Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management), Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, Kinerja KaraywanAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu berpengaruh Motivasi Kerja dan kinerja karyawan, serta apakah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui Motivasi Kerja pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku. Untuk menjawab rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap Motivasi Kerja dan kinerja karyawan, serta menganalisis pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap kinerja karyawan melalui Motivasi Kerja pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan metode Partial Least Square (PLS) versi 4.1. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, Karakteristik Individu berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan, Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) berpengaruh langsung terhadap Motivasi Kerja, Karakteristik Individu berpengaruh langsung terhadap Motivasi Kerja, Motivasi Kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan. Hasil uji mediasi diperoleh temuan bahwa Motivasi Kerja dapat memediasi pengaruh Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dan Karakteristik Individu terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi Maluku.
The problem in this study is whether knowledge management and individual characteristics influence work Motivation and employee performance, and whether knowledge management and individual characteristics influence employee performance through work motivation at BPJS Ketenagakerjaan Office in Sulawesi Maluku Region. To answer the formulation of the problem, the purpose of this study is to analyze the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on Work Motivation and employee performance, and to analyze the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on employee performance through Work Motivation at BPJS Ketenagakerjaan Office in Sulawesi Maluku Region. This study uses a quantitative approach, data collection through observation and questionnaires, with data analysis techniques using the Partial Least Square (PLS) method version 4.1. The results of the study found that Knowledge Management has a direct effect on employee performance, Individual Characteristics has a direct effect on employee performance, Knowledge Management has a direct effect on Work Motivation, Individual Characteristics has a direct effect on Work Motivation, Work Motivation has a direct effect on employee performance. The results of the mediation test found that Work Motivation can mediate the influence of Knowledge Management and Individual Characteristics on employee performance at the BPJS Ketenagakerjaan Office in the Sulawesi Maluku Region.
Downloads
References
Alim, S. (2018). Studi Properti Psikometri Alat Ukur Performance Appraisal: Individual Work Performance Questionnaire (IWPQ) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Anggraini, Y. 2017. Hubungan Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Kenakalan Remaja di SMK Cendana Padang Panjang Tahun 2016. Menara Ilmu, 11(76), 155- 165. Anisa, S. 2018. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Helvetia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Medan).
Debora, S., Candra, Y., & Nurlina, N. 2016. Pengaruh Pelayanan Prima dan Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1), 43-57.
Handayani, L., & Suryani, N. 2019. Pengaruh Kinerja Karyawan Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kinerja Karyawan. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 743-757.
Kheng, L. L., Mahamad, O., & Ramayah, T. 2010. The impact of service quality on customer loyalty: A study of banks in Penang, Malaysia. International journal of marketing studies, 2(2), 57-66.
Kotler, P. 2018. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: Indeks. Mangkunegara, A.A. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. N. 2001. Manajemen mutu terpadu (total quality management). Jakarta: Ghalia Indonesia. Patandianan,
S., Ratnawati, T., & Sardjono, S. 2018. Influence Of Capital Funds, Infrastructure Means, And Professionalism Human Resources On Service Quality And Patient Satisfaction Of Puskesmas District Polewali Mandar West Sulawesi. Archives of Business Research, 6 (2), 10-18
Ratnasari, S. L., SE, M., & Hartati, Y. 2019. Manajemen Kinerja Karyawan Dalam Organisasi. Penerbit Qiara Media.
Rivai, V., & Sagala, E. J. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.
Saraswati, E. I. 2018. Analisis Kinerja Karyawan Customer Service Dalam Pengurusan Surat Keterangan Rencana Kota Di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Administrasi, 19(1), 10-18.
Sedarmayanti. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung
Siagian, S. P. 2000. Administrasi Pembangunan. Bumi Aksara, Jakarta.
Siagian, S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi.1, Cetakan.17 Jakarta, Bumi Aksara,
Tamrin, A. S., Rumapea, P., & Mambo, R. 2017. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Kantor PT. Taspen Cabang Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(046), 1-9.
Tjiptono, F. & Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategic, Branding Strategy, Hingga E-marketing. Andi Offset. Yogyakarta. 492 hlm.
Tjiptono, F. 2015. Service, Quality dan Satisfaction Edisi 4. Cv. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjokrowinoto, M. 1996. Pembangunan: dilema dan tantangan. Pustaka Pelajar.
Utojo, H. I. 2019. Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa. Deepublish.
Wahyudi, S., & Prasetyo, I. 2020. Pengaruh Komunikasi, Tingkat Pendidikan, Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Karyawan Di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Pamekasan. Map (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 3(2), 262-275.
Wowor, F., Rorong, A., & Mambo, R. 2019. Pengaruh Kinerja Karyawan Pegawai Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 5(75), 1-6.
Yuswantoro, E. 2019. Pengaruh Pelayanan Sistem Terpadu Satu Pintu/One Stop Service Dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Ringinanom Kota Kediri. Revitalisasi, 5(2), 38-42.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. 2014. Marketing de serviços-: a empresa com foco no cliente. AMGH Editoran.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 2013, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Budiman, Lukman Setiawan, Kafrawi Yunus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







