Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Nurmaeni Nurmaeni Sekolah Dasar Negeri 231 Lakawali Kecematan Malili Kabupaten Luwu Timur
  • Haeruddin Saleh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1481

Keywords:

Implementasi kurikulum 2013, Peran Kepala Sekolah, Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 dan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari sejumlah informan kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar telah dilaksanakan dengan baik melalui peran kepala sekolah dalam persiapan implementasi kurikulum 2013 dengan mempersiapakan  pemetaan KD, silabus, RPP, sampai instrument penilaian, sarana dan prasaran sementara pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 kepala sekolah telah membimbing guru dalam pelaksanaan pendekatan saintifik, lingkungan belajar serta penerapan karakter dalam pembelajaran sementara untuk  Penilaian kurikulum 2013 kepala sekolah telah membimbing guru menyusun instrument penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian maka secara keseluruhan kepala sekolah telah berperan dengan membimbing guru mempersiapan implementasi kurikulum 2013, melaksanakan kurikulum 2013 serta melakukan penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013.

This study aims to determine the role of school principals in implementing the 2013 curriculum and to find out the mechanism for implementing the 2013 curriculum in State Elementary Schools, Malili District, East Luwu Regency. This research is descriptive using a qualitative approach. Data were obtained from several principals and teachers. The results of the study indicated that the implementation of the 2013 curriculum in elementary schools had been carried out well through the role of the principal in preparing for the implementation of the 2013 curriculum by preparing the KD mapping, syllabus, lesson plans, assessment instruments, facilities, and infrastructure while implementing the 2013 curriculum the principal had guided teachers in the implementation of the scientific approach, the learning environment and the application of character in temporary learning for the 2013 Curriculum Assessment, the principal has guided teachers to develop an attitude, knowledge and skill assessment instrument. Based on the results of the study, overall principals have played a role by guiding teachers in preparing the implementation of the 2013 curriculum, implementing the 2013 curriculum, and conducting learning assessments in the 2013 curriculum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansyar, Mohammad. 2015. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain, Dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Darnius, Said. 2016. Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Di Kelas Tinggi Gugus Mangga Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4)

Hamalik, O. 2020. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: kemendikbud

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2003. Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republic Indonesia.

Mulyasa, E. 2013. Pengembanagan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda

Nasution. 1998. Asas-Asas Kurikulum. Bandung: CV.Jammass

Ningrum, E. S., & Sobri, A. Y. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 416-423.

Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’ Biritta No.10 Tahun IV. ISSN. 1829. 6335. Hal 18-19.

Subandiyah. 1993. Pengembanagan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Grafindo Persada

Sudjana, N. (2011). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Yusuf, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Di Kecamatan Wotu (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nurmaeni, N., Saleh, H., & Abduh, T. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 122–127. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1481