Evaluasi Kinerja Guru Dan Peran Kepala Sekolah Di SDN 233 Ussu Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Patmawati Baso Sekolah Dasar Negeri 233 Ussu, Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur
  • Thamrin Abduh Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Muhlis Ruslan Program Studi Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1485

Keywords:

Evaluasi Kinerja Guru, Peran Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini untuk mengevaluasi kinerja guru, menggambarkan kinerja guru di SDN 233 Ussu, kinerja guru berdasarkan tugas dan tanggung jawab guru dalam mempersiapakan peserta didik belajar dan mendidik peserta didik dengan budi pekerti, menyiapakan proses pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menyiapakan penilaian. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggambarkan peran kepala sekolah di SDN 233 Ussu dimana kepala sekolah sebagai menejer, pemimpin, adminstator dan supervesor. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, data diperoleh dari sejumlah informan di SDN 233 Ussu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SDN 233 Ussu Kabupaten Luwu Timur dapat dikatakan telah baik sesuai dengan kriteria dan sasaran kerja guru yakni telah menpersiapakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil belajar serta melengkapi administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleg guru. Selanjutnya untuk peran kepala sekolah sebagai menejer, pemimpin, administor dan supervesor, kepala sekolah SDN 233 Ussu telah menjalankan perannya dengan sangat baik, meskipun ada sebagaian kecil yang masih perlu untuk ditingkatkan namun secara keseluruhan kinerja guru dan peran kepala sekolah telah terlaksakan sesuai dengan aturan dan uraian tugasnya.

This study evaluates teacher performance and describes the performance of teachers at 233 State Elementary School Ussu. Teacher performance based on the duties and responsibilities of teachers in preparing students to learn and educating students with character, preparing the learning process, implementing learning, and preparing assessments. This study also aims to describe the role of the principal at 233 State Elementary School Ussu where the principal is the manager, leader, administrator, and supervisor. This researcher used a qualitative research type, the data was obtained from a number of informants at 233 State Elementary School Ussu. The results showed that the teacher's performance at SDN 233 Ussu, East Luwu Regency could be said to have been good in accordance with the criteria and targets of the teacher's work, namely preparing learning, implementing learning, assessing learning outcomes, and completing learning administration that must be owned by teachers. Furthermore, for the role of the 233 State Elementary School Ussu principal as a manager, leader, administrator, and supervisor, has been carried out very well, although there was a small part that still needed to be improved. Overall, the performance of teachers and the role of the principal has been carried out in accordance with the rules and regulations as well as job description.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XIII; Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI: Jakarta.

Fitrah, M. 2017. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.

Lipoto, B. 1988. Pengantar Manajemen. Jakarta: Depdikbud.

Mantja, M. 2000. Bahan Ajar, Model Pembinaan/Supervisi Pengajaran. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutohar, P. M. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasinya. Jakarta: Grasindo

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Pidarta, Made, 1990. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. 1987. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja.Rosda Karya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Baso, P., Abduh, T., & Ruslan, M. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Dan Peran Kepala Sekolah Di SDN 233 Ussu Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 152–155. https://doi.org/10.35965/bje.v2i2.1485