Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Panampu II Kota Makassar

Authors

  • Andi St. Hartina Said Sekolah Dasar Inpres Pannampu II Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2640

Keywords:

Media Animasi, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Minat Belajar danHasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Pannampu II yang jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 23 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket untuk mengetahui minat belajar siswa berupa 15 pernyataan dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa soal essay 10 item. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Rata-rata nilai angket minat belajar kelas kontrol sebelum perlakuan adalah 48 dan nilai angket kelas kontrol setelah perlakuan adalah 73. Sedangkan nilai angket kelas eksperimen sebelum menggunakan media animasi adalah 40 sedangkan nilai angket setelah menggunakan media adalah 83. Artinya media animasi lebih baik digunakan dibandingkan tanpa menggunakan media animasi, (2) Rata-rata hasil pretesthasil belajar siswa kelas kontrol sebelum perlakuan adalah 24 dan nilai post-test kelas kontrol setelah perlakuan adalah 73 sedangkan nilai pretest kelas eksperimen sebelum menerapkan media animasi adalah 38 dan nilai post-test kelas eksperimen setelah menerapkan media animasi adalah 87. Artinya media animasi lebih baik digunakan dibandingkan tanpa menggunakan media animasi. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa media animasi berpengaruh lebih signifikan dibandingan tanpa menggunakan media pembelajaran terhadap minat dan hasilbelajar siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II. Hal ini berdasarkan tabel multivariate test dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05. Kata kunci : Media animasi, minat belajar, hasil belajar.

This study aims to determine the Effect of Using Animation Media on Learning Interest and Student Learning Outcomes. This type of research is quasi-experimental research. The research subjects were fourth-grade students at SD Inpres Pannampu II, with 40 students consisting of 23 boys and 17 girls. The data collection technique in this study used a questionnaire to determine student learning interest in 15 connectors and a test to determine student learning outcomes using 10-item essay questions. The research results based on descriptive analysis show that (1) the average value of the control class's interest questionnaire before treatment was 48, and the control class's questionnaire value after treatment was 73. 83. This means that animated media is better used than without using animated media, (2) The average pretest results for control class students before treatment is 24. The post-test score for the control class after treatment is 73, while the pretest score for the experimental class before applying the media animation is 38. The post-test value of the experimental class after applying animation media is 87. This means that animation media is better to use than without using animation media. At the same time, the results of the inferential analysis show that animation media has a more significant effect than without using learning media on the interest and learning outcomes of class IV UPT SPF SD Inpres Pannampu II. This is based on the multivariate test table in the Manova test, the value of Sig. 0.000 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakim, Thursan. (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2014. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Mulyai Sumantri dan Johar Pramana. (2001). Strategi Belajar mengajar. Bandung: CV. Maulana.

Nurkancana, Wayan P.P.N. Sumartana. (1986) Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Prayitno, UT. (2000). Lingkungan Keluarga. Jakarta: Rineka cipta.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Santoso, 2(009). Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.Hadi, Sutrisno. (1989). Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Rumini, D. (2006). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, Nana, (1989). PenilaianHasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitia Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Syaiful, Bahri, Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Universitas Bosowa. (2019). Pedoman Penulisan Tesis. Makassar: Panrita Press Universitas Bosowa.

Wijaya, Juhana. (1988). Psikologi Bimbingan. Bandung: Eresco

Winataputra, Udin S. dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam. Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Said, A. S. H., Asdar, A., & Muhammadiah, M. (2023). Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Panampu II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 3(2), 138–141. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2640

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5