Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3827Keywords:
Media, Cerita Pendek, Hasil Belajar, Gagasan PokokAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV belum mencapai target sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan memanfaatkan cerita pendek sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok bahasa Indonesia siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok di Kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi gagasan pokok dengan penerapan media cerita pendek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 19 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan media cerita pendek pada materi gagasan pokok dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Pinrang.
The problem in this study is the learning outcomes of class IV students have not reached the target in accordance with the minimum completeness criteria (KKM). The problem in this research is whether using short stories as a learning media can improve the learning outcomes of the material in finding the main ideas of Indonesian for class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang. This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to determine the process of applying short story media to main idea material in Class IV and to determine the increase in learning outcomes in main idea material by applying short story media. The approach used in this study is a qualitative approach. The data collection techniques used are observation, tests and documentation. The research subjects were class teachers and students, totaling 19 students and 1 teacher. The research was carried out in two cycles. In cycle I, the research results on the learning process were in good qualifications (B) and the learning test results were in poor qualifications (K). Meanwhile, in cycle II the results of research on the learning process were in good qualifications (B) and the results of learning tests were in good qualifications (B). The conclusion of this research is that the application of short story media to the main idea material can improve the learning process and outcomes of class IV students UPT SD Negeri 102 Pinrang.
Downloads
References
Astini, N. K. S. (2019, August). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).
Atmaja, Jati. 2010. Buku Lengkap Bahasa Indonesia Dan Peribahasa. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Eliana, Neneng. 2021. “Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Gagasan Pokok Dan Gagasan Pendukung Paragraf.” Pendidikan Dasar UNJ: 39–55.
Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.
Hamzah, Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismet Basuki, Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kosasih, E. 2017. Jenis-Jenis Teks. Bandung: CV.Yrama Widya.
Kusnandar. 2017. Langkah-Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Potensi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Rosdakarya.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.
Nurkancana, Wayan. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Rusman, Deni Kurniawan, and Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiarsih, S. (2010). Permainan Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukardi. 2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya. 8th ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Thomas, Angelo, and Patricia Cross. 1993. Classroom Assessment Techniques: A Handbook For College Teachers. California: Jossey Bass.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hatira Hatira, Mas'ud Muhammadiah, Andi Hamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.