Pemberian Tugas Dan Penguatan Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD Di Gugus VI Kecamatan Tallo Kota Makassar

Authors

  • Nashrullah Nashrullah Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Agustinus Jarak Patandean Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3874

Keywords:

Pemberian Tugas, Pemberian Penguatan, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pemberian tugas dengan prestasi belajar dan hubungan pemberian penguatan dengan prestasi belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 61 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan software Statistikal Package for the Social Sciens (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan significant antara pemberian tugas terhadap prestasi belajar (p-value 0,001) dan adanya hubungan signifikan antara pemberian penguatan terhadap prestasi belajar (p-value 0,001).

This study aims to describe the relationship between giving assignments and learning achievement of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City and the relationship between giving reinforcement and learning achievement of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City. The research approach used was quantitative approach. The population in this study were fifth grade elementary school students Cluster IV Tallo District Makassar City. The sample of this study amounted to 61 students. The sampling technique used simple random sampling, the instrument used in this study was a questionnaire. Data analysis using software Statistical Package for the Social Sciens (SPSS) version 25. The results showed that there was a significant relationship between giving assignments to learning achievement (p-value 0.001) and there was a significant relationship between giving reinforcement to learning achievement (p-value 0.001) of elementary school students in Cluster VI Tallo District, Makassar City.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Hadis. (2006). Psikologi Dalam Pendidikan. CV Alfabeta. Bandung

Agung, A.K (2013). Pengaruh Pemberian Tugas, Metode Pembelajaran Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA N 1 Sapuran Wonosobo. Jurnal oikonomia. Vol 2 Nomor 3.

Ambarjaya, Beni S. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran (Teori dan Praktik). CAPS. Yogyakarta:

Anitah, S.W, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka. Jakarta

B.Uno, Hamzah, Lamatenggo, Nina. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran; aspek yang mempengaruhi. Bumi Aksara. Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas. Jakarta.

Djamarah. S. B, Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Fathurrohman, P. & Sobri, S. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umun & Konsep Islami. PT Refika Aditama. Bandung.

Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto & Sutijan (2000). Belajar dan Pembelajaran I. UNS Press. Surakarta.

Irianto, A. (2010). Statistika Konsep, Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Kencana Prenada Media Group.

Kemendiknas (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta

Kurotul, Aini & Puji A., Heni. (2020). Hubungan antara Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Journal For Research In Mathematics Learning. Volume 3, No 3 DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10238

Maesaroh, Siti. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. Vol. 1 No. 1 https://media.neliti.com/media/publications/

Usman, Moh. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Penerbit Remaja Rosdakarya. Bandung.

Muhibbin, Syah. (2008). Psikologi Pendidikan. Penerbit Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ngalim Purwanto. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Penerbit Remaja Rosdakarya. Bandung.

Pidarta, Made. (1997). Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia: PT. Rineka Cipta, Jakarta

Pratiwi, Noor K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2,

Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. Teacher Professionalism And Learning Services To Improve Students’learning Outcomes In Pai Elementary School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24(1), 106-113.

Risnawati. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survey pada Siswa Kelas X di SMAN 7 Tasikmalaya). SKRIPSI UNSIL

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Saud, U. S. (2010). Inovasi Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya.: PT. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta, Bandung

Sugiyono. ( 2016). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta, Bandung

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Suwarna, dkk. (2006). Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Penerbit Tiara Wacana. Yogyakarta

Thorndike, E.L., & H.P. Hagen. (1977) Measurement and Evaluation in Psychology and Education. John Wiley. New York

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstrukstivisme. Penerbit Prestasi Pustaka. Jakarta

Vina Kurnia Sari & Eko Wahjudi .2021. “Pengaruh Intensitas Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi”.Jurnal Edukasi. Vol 9, No.2. DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v9i2.5383.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nashrullah, N., Asdar, A., & Patandean, A. J. (2023). Pemberian Tugas Dan Penguatan Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD Di Gugus VI Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 51–56. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3874

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>