Keterampilan Menulis Deskripsi Berbasis Permainan Baraccung Siswa Kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3828Keywords:
Permainan Tradisional, Baraccung, Keterampilan MenulisAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi siswa dan mengetahui peningkatan proses serta hasil belajar menulis karangan siswa kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang dengan menggunakan media permainan Baraccung. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran pada aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dan pada aspek siswa berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik, dari aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan tes hasil belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media permainan Baraccung dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa di kelas III UPT SD Negeri 181 Pinrang.
The purpose of the research is to determine the students' description writing skills and determine the improvement of the process and learning outcomes of writing essays for class III students UPT SD Negeri 181 Pinrang by using Baraccung game as media. This research is a class action research (PTK). The type of approach used is a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, tests and documentation. The research subjects were 1 class teacher and 25 students. The research was conducted in two cycles. In cycle I, the results of research on the learning process on the teacher's aspect were in good qualification (B) and on the student's aspect were in poor qualification. While in cycle II the results of research on the learning process from the teacher aspect were in good qualifications, from the student aspect were in good qualifications (B) and the learning outcomes test was in good qualifications (B). The conclusion of this study is that the use of Baraccung game media can improve the learning outcomes of writing descriptive essays of class III students UPT SD Negeri 181 Pinrang.
Downloads
References
Akhadiah, Sabarti. 2004. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alvariani, N. P., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 43-51.
Alwasilah, A. Chaedar, and Alwasilah Senny Suzanna. 2005. Pokoknya Menulis (Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi). Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksar. Jakarta.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asnawir, and Usman Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Asyiah, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Melalui Permainan Tradisional Aceh pada Siswa Kelas V MIN 17 Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran Dan Peengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education.
Chaer, Abdul. 2011. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Cio, Ismail. (23 April 2017). Mengenal Baraccung. Diakses 16 Oktober 2022, dari https://madatteartsnet.blogspot.com/2017/04/baraccung-dalam-cerita.html?m=1.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007a. Kurikulum Dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Jakarta: Puskur-Balitbang, Depdiknas.
Djuanda, Dadan. 2009. Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.
Doyin, and Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES Press.
Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdkibud.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 2011. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Inibaru.id. (15 April 2021). Sejarah Mercon Bumbung Alias Meriam Bambu, Ternyata Terkait Zaman Penjajahan. Diakses 16 Oktober 2022, dari https://inibaru.id/tradisinesia/sejarah-mercon-bumbung-alias-meriam-bambu-ternyata-terkait-zaman-penjajahan-lo
Joni, Raka. 1998. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta: Ditjen Dikti.
Keraf, Gorys. 2010. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mulyadi. 2004. Bermain Dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain). Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Ciputat: GP Press.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Purwana, Agung Eko. 2009. Pembelajaran IPS MI. Surabaya: LAPIS PGMI.
Resmini, N. 2010. Membaca Dan Menulis Di SD: Teori Dan Pengajarannya. Bandung: UPI Press.
Rofi’uddin, Ahmad, and Darmiyati Zuhdi. 1999. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.
Roswendi, Achmad Setya, and Denok Sunarsi. 2020. Dinamika Dan Hypnotherapy Dalam Perspektif Interdisipliner.
Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, Syarifudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hawira Hawira, Mas'ud Muhammadiah, Syahria Madjid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.