Pengaruh Iklim Keluarga, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Verbal, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik UPTD SD Negeri 14 Parepare

Authors

  • Anna Maryam Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3839

Keywords:

Iklim Keluarga, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Verbal, Efikasi Diri, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare dan pengaruh yang signifikan iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Penelitian ini menggunakan Ex post facto. Hasil penilaian (1) Iklim keluarga (x1) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA (Y) peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare., (2) Kemampuan berpikir logis (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal (X3) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri (X4) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare.

This research aims to determine: (1) the influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes in class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare, (2) the significant influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes both individually (partially) and collectively for class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare. This research uses Ex post facto. Assessment results conclude that: (1) Family climate (x1) has no significant effect on the science learning outcomes (Y) of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (2) Logical thinking ability (x2) has no significant effect on science learning outcomes (Y) class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (3) There is a significant influence between verbal ability (X3) on learning outcomes (Y) science of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (4) There is no significant influence between efficacy self (X4) on the learning outcomes (Y) of science for class IV students at UPT SD Negeri Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Dina, and Edi Irawan. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VII Pada Tema Pencemaran Lingkungan.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 1(2): 228–38. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.186.

Alim, S., Petsangsri, S., & Morris, J. (2022). Does an activated video camera and class involvement affect academic achievement? An investigation of distance learning students. Education and Information Technologies.

Ariyani, Bekti, and Firosalia Kristin. 2021. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 5(3): 353.

Auniyah, Fariatul, Admaja Dwi Herlambang, and Satrio Hadi Wijoyo. 2020. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Logis Siswa Terhadap Kemampuan Belajar Secara Kolaboratif Pada Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN 2548(7): 964X.

Fauzan, Gagan Aditya, Selvia Agina, and Wahyu Setiawan. 2020. “Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematik Siswa SMP Dengan Penggunaan Geogebra.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1): 53–63. https://j- cup.org/index.php/cendekia/article/view/169.

Hartati, Iis, Indah Suciati, and Dewi Sri Wahyuni. 2021. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Meta Analisis.” Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(2): 49–56.

Kristin, Firosalia. 2019. “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1): 90 – 98.

Nur Fadilah, Reny, and Mohamad Arief Rafsanjani. 2021. “Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Paradigma Ekonomika 16(3): 581–88.

Saregar, Antomi, and Widha Sunarno. 2013. “Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa.” Jurnal Inkuiri 2(2): 100–113.

Zahara, Sofia, Nandang Mulyana, and Rudi Saprudin Darwis. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Menggunakan Media Sosial Di Tengah

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Maryam, A., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Pengaruh Iklim Keluarga, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Verbal, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik UPTD SD Negeri 14 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 112–115. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3839

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>