Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Keterpenuhan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Dan Kinerja Guru UPTD SD Negeri Di Kecamatan Soreang Kota Parepare
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3844Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, Motivasi, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi dan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi target sebanyak 24 sekolah dasar di Kecamatan Soreang. Populasi tersebut kemudian disampling sehingga terpilih sampel sebanyak 56 orang guru dan 6 orang kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi guru sebesar dengan nilai hasil koefisien sebesar 0,572. 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja Guru dibuktikan dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.344. 3) Keterpenuhan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap motivasi guru dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.173. 4) Keterpenuhan sarana dan prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai hasil koefisien sebesar 0.313. Berdasarkan perhitungan secara statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan keterpenuhan sarana prasarana terhadap motivasi dan kinerja guru pada sekolah dasar negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare.
The purpose of this study was to describe the influence of the principal's leadership and the fulfillment of infrastructure facilities on teacher motivation and performance of elementary schools in Soreang District, Parepare City. This study is a quantitative study with a correlation approach. The population was 24 elementary schools in Soreang District. The sample was 56 teachers and 6 principals. The data collection method used was observation and questionnaire distribution. The data analysis method uses normality test, linearity test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results showed that: (1) Principal leadership affects teacher motivation with a coefficient value of 0.572. (2) Principal leadership affects teacher performance as evidenced by the coefficient value of 0.344. (3) The fulfillment of facilities and infrastructure affects teacher motivation with a coefficient value of 0.173. (4) The fulfillment of facilities and infrastructure affects teacher performance with a coefficient value of 0.313. Based on statistical calculations, it can be concluded that there is a positive and significant influence between the principal's leadership and the fulfillment of infrastructure facilities on teacher motivation and performance of elementary schools in Soreang District, Parepare City.
Downloads
References
Alim, Syahrul, Novita Paradhita, and Titin Florentina. 2021. “The Compassionate Leadership Profile: A Case Study in the Saving and Loan Cooperative Leadership of Bhina Raharja.” 1(2): 54–60.
Ananda, R., and K. B. Oda. 2017. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Medan: Widya Puspita.
Darmawan, D. 2014. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi. Multimedia Dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gibson. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. 4th ed. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. 2014. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadir, and Mulyadi. 2019. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Sarana Prasarana , Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA.” Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 3(2).
Prabu Mangkunegara, Anwar. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2018. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sepriadi, Sepriadi, and Syarwani Ahmad. 2017. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Terhadap Kinerja Guru Di Smk Pgri Tanjung Raja.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2(1): 55–76.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenada Media.
Sya’roni, Toni Herlambang, and Dwi Cahyono. 2018. “Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia 8(2): 13
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jamilah Jamilah, Sundari Hamid, Burhan Burhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.