Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Kelas 1 Di SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4467Keywords:
Metode Tutor Sebaya, Keaktifan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu huruf pada pembelajaran bahasa indonesia siswa SD Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap permulaan keterampilan membaca dan menulis murid kelas I sebelum digunakan media kartu huruf adalah 52,9 dan hasil belajar setelah digunakan media kartu huruf adalah 80,4. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada penggunaan media kartu huruf terhadap keterampilan permulaan membaca dan menulis murid kelas I SD Inpres Maccini Sombala 1 dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka signifikansi 0,000 dengan demikian hipotesis h1 dalam penelitian ini diterima. Nilai t-hitung = -12,120 berarti uji pihak kiri, sehingga t- hitung = -12,120 < - t- tabel = -2,086. “Dari nilai t-hitung yang negatif mengindikasikan bahwa nilai sebelum perlakuan lebih rendah dibanding setelah perlakuan”. Kesimpulannya adalah t-hitung > t-tabel yakni H0 ditolak dan H1 diterima “Efektifitas Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Permulaan Membaca dan Menulis Murid Kelas I SD Inpres Maccini Sombala 1”.
This research aims to determine the effectiveness of using letter card media in Indonesian language learning for elementary school students in Tamalate District, Makassar City. The type of research used in this research is quantitative. The results of the research show that the use of card media has an influence on the initial reading and writing skills of class I students before using card media is 52.9 and learning outcomes after using card media is 80.4. This figure shows that there is use of card media on the initial reading and writing skills of class I students at SD Inpres Maccini Sombala 1 and the results of the hypothesis test (t-test) show a significance figure of 0.000, thus hypothesis h1 in this study is accepted. The t-count value = -12.120 means the left-hand test, so the t-count = -12.120 < - t-table = -2.086. "The negative t-value indicates that the value before treatment is lower than after treatment." And the conclusion is t-count > t-table, namely H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that the use of Letter Card Media is effective on the initial reading and writing skills of 1 st Class Students at SD Inpres Maccini Sombala 1".
Downloads
References
Ambarini,Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Gramedia Jakarta: Jakarta.
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan PraktikEd.Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Darmiyanti Zuchdi, & Budiasih.2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diKelas Rendah. Ditjen Dikti: Jakarta.
Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002),
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pusat Bahasa, (Jakarta: PT Gramedia, 2011)
Drs. Asep Henry Hernawan, dkk, Media Pembelajaran Sekolah Dasar
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran,(Jakarta: Bumi Aksara,
Hasbullah, Dasar- Dasar Ilmu Pendidikan,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005),
Kunandar, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2010)
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan,(Jakarta: Rineka Cipta, 2000),
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012).
Mulyono Abdurrahman, Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar,
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010),
Nurhadi, Bagaimana Menulis [Handbook of Wraiting], (Malang: Universitas Negeri Malang, 2008),
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Nurdiana, Andi Hamsiah, Burhan Burhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.