Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang

Authors

  • Irma Arifin Dinas Pendidikan Kabupaten Pinrang
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmania Rahmania Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3876

Keywords:

Penguasaan Kosakata, Minat Membaca, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Komunikasi berbahasa ini dijabarkan menjadi empat keterampilan berbahasa yakni keterampilan membaca (reading), mendengarkan (listening), berbicara (speaking), dan menulis (writing). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara penguasaan kosakata dan minat membaca dengan keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Pinrang, yakni UPTD SDN 105 Pinrang dan UPTD SDN 106 Pinrang dengan sampel sebanyak 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, dan uji regresi linear. Hasil menunjukkan 1) Ada hubungan antara variabel penguasaan kosakata dan variabel keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga Hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan. 2) Tidak ada hubungan antara variabel minat membaca dan variabel keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SD di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,056 > 0,05 sehingga Hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat hubungan.

The purpose of this study is to analyze the relationship between vocabulary mastery and interest in reading with poetry writing skills in fifth grade students of elementary schools in Pinrang Regency. This type of research is quantitative with the research subjects are fifth grade students of elementary schools in Pinrang Regency, namely UPTD SDN 105 Pinrang and UPTD SDN 106 Pinrang with samples of 32 students. The data collection methods used were observation and questionnaire. The data analysis method uses partial t test analysis, and linear regression test. The results of the research showed that: (1) There is a relationship between the vocabulary mastery variable and the variable poetry writing skills of fifth grade elementary school students in Suppa District, Pinrang Regency. This is evidenced by the sig value of 0.000 <0.05 so that the hypothesis is accepted, meaning that there is a relationship between the vocabulary mastery variable and the variable poetry writing skills. (2) There is no relationship between the variable of interest in reading and the variable of poetry writing skills of fifth grade students in Suppa District, Pinrang Regency. This is evidenced by the sig value of 0.056 > 0.05 so that the hypothesis is rejected, meaning that there is no relationship between the variable of interest in reading and the variable of poetry writing skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, Agnes. 2017. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Textium.

Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Berbagi Ilmu. (30 Oktober 2017). 8 Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Pada Peserta didik dan Pelajar. Diakses 10 November 2022, dari https://www.rijal09.com/2017/10/faktor-penyebab-rendahnya-minat-baca-pada-peserta didik-dan-pelajar.html

Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Dewi, Baiq Joya Pitria Rosinta, I Nyoman Karma, and Syaiful Musaddat. 2021. “Analisis Kemampuan Menulis Puisi Peserta didik Kelas V SDN 43 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022.” Ilmiah Profesi Pendidikan 6(4): 776–84.

Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fitriani, Nurul Huda, and Nadya Huda. 2022. “Faktor Penyebab Rendahnya Minat Peserta didik Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin.” Pahlawan 18(01): 65–69.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goodman, Y.M., and C. Burke. 1996. Reading Strategies: Focus on Comprehension. New York: Kotonah.

Handayani, Berkah, Widjodoko, and Firman Robiansyah. 2019. “Analisis Kesulitan Peserta didik Dalam Menulis Puisi Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Di Kelas IVA SD Negeri Banjarsari 5 Tahun Ajaran 2018/2019.” Kalimaya 7(2): 1–10.

Harras, Kholid A. 2014. Membaca: Hakikat Dan Proses Membaca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kamah, Idris. 2002. Pedoman Pembinaan Minat Baca. Jakarta: Perpustakaan RI.

Kridalaksana, Harimukti. 2009. Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lilawati. 2010. Pengertian Minat Membaca. Yogyakarta: Buku Biru.

Listyaningsih, E., Murtono, M., & Ahsin, M. N. (2021). Korelasi Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas V Sekolah Dasar di Desa Tempur. Journal of Education and Culture (JEC), 1(2).

Martha, Nia Ulfa, and Vera Krisnawati. 2020. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Meneruskan Larik Menggunakan Media Gambar Dan Lagu.” Diaglosia 4(2): 265–76.

Mihardja, Ratih. 2012. Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.

Mustika, I., & Lestari, R. D. (2016). Hubungan minat baca dan kebiasaan membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis puisi. Semantik, 5(2).

Nada, A. Q. (2023). Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Di SD Gunung Sindur. Khazanah Pendidikan, 17(1), 51-55.

Nur, M., Burhanuddin, B., & Mannahali, M. (2021). Hubungan AntaraPenguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 64-70.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurudin. 2012. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Nursalamah, R., Hasim, A., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2023). Korelasi Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(3), 283-288.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2012. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma Dan Analisis Struktural Dan Semiotik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.

Prihatin, P., Slamet, S. Y., & Budiharto, T. (2020). Studi hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas iv sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(4).

Puslitjakdikbud. 2019. Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Puslitjakdikbud.

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmad, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Richards, Jack C, and W. A. Renandya. 2010. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Sadikin, Mustofa. 2010. Kumpulan Sastra Indonesia. Jakarta: Gudang Ilmu.

Santosa, Puji. 2010. Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sayuti, Suminto A. 2010. Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjito, and Saryono. 2011. Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Pustaka.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualititaif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2013. Modul 1: Menulis Tata Bahasa Idiom. Yogyakarta: UNY Press.

Susanti, N. A., Hamid, S., & Pilang, A. R. (2023). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Daya Makassar. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 169-177.

Syah, Muhibbin. 2010. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahirah, Salma. 2022. “Upaya Edukasi Pentingnya Membaca Buku Sejak Usia Dini Di Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak.” Maslahah 3(3): 49–58.

Tarigan, Henry Guntur. 2015b. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman. J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas, “Kabupaten Pinrang” diakses di https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pinrang pada 29 Agustus 2023.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas, “Kecamatan Suppa” diakses di https://id.wikipedia.org/wiki/Suppa,_Pinrang pada 29 Agustus 2023..

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Arifin, I., Asdar, A., & Rahmania, R. (2023). Hubungan Penguasaan Kosakata Dan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang. Bosowa Journal of Education, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3876

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>