Pengaruh Penggunaan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar

Authors

  • Sitti Saidah Sekolah Dasar Cambaya IV Kota Makassar
  • Mas'ud Muhammadiah Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa Makassar
  • Asdar Asdar Prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1207

Keywords:

Penggunaan Smartphone Android, Media Pembelajaran, Minat Baca, Pretasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android sebagai media pembelajaran terhadap minat baca pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. (2) Untuk mendeskripsikan Bahasa Indonesia pengaruh penggunaan smartphone android sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus, yaitu dengan menjadikan semua siswa kelas 5 SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar sebagai sampel karena jumlah siswa yang tidak banyak, yaitu hanya 40 orang.

This study aims (1) to describe the effect of using an Android Smartphone as a medium of learning the Indonesian Language on the reading interest of 5th-grade students at SD Inpres Cambaya 4 Makassar City, (2) to describe the effect of using Android Smartphone as a learning medium on Indonesian language learning achievement of 5th-grade students at SD Inpres Cambaya 4 Makassar City. The research method is a quantitative study using a quasi-experimental design. The population in this study were 5th-grade students of SD Inpres Cambaya 4 Makassar City with a total of 40 students. The sampling technique used is a saturated sample or census, namely by making all 5th-grade students of SD Inpres Cambaya 4 Makassar as a sample because the number of students is not many, which is only 40 people.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ayouby, M. H. 2017. Dampak penggunaan Smartphone androiid pada Anak Usia Dini. (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung

Behera, S. K., & Purulia, W. B. I. 2013. M-learning: A New Learning Paradigm. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(2), 24-34.

Chusna, P. A. 2017. Pengaruh Media Smartphone androiid Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Dalman, (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dwi Sunar Prasetyono. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Hamsiah, Andi, Mas’ud Muhammadiah, Asdar. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya: Jurnal Ecosystem, Volume 19, Nomor 1

Ibrahim Bafadal. (2008). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammadiah, Mas'ud, dkk. 2015. Using Bahasa in Newspaper Headline in Makassar: Journal of Language and Literature, Vol. 6, No. 1, 2015. p.109-111. ISSN: 2078-0303, Baku, Azerbaijan.

Muhammadiah, Mas'ud, Muliadi, Hamsiah, Andi. 2020. A Semiotic Analysis of Political News Featured in Indonesian Newspapers. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 13, Issue 9, 2020.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narbuko, C., & Achmadi, A. 2009. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Saidah, S., Muhammadiah, M., & Asdar, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa SD Inpres Cambaya 4 Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1207

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>