Implementasi Metode Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kota Makassar

Authors

  • Aprianti Aprianti Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • A. Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Masud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4453

Keywords:

Metode Tutor Sebaya, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Paccinang 1 Kota Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental, khususnya posttest-only control design. Sampel penelitian terdiri dari kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode tutor sebaya dalam pembelajaran PPKn, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya meningkatkan keaktifan peserta didik, membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, dan membangkitkan motivasi belajar. Data uji hipotesis keaktifan peserta didik menunjukkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan dari metode tutor sebaya terhadap keaktifan peserta didik. Selain itu, hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa metode tutor sebaya juga berdampak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Peserta didik di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulannya, metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Saran diberikan kepada pihak sekolah untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, bagi guru untuk lebih sering menggunakan metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik, dan bagi peneliti selanjutnya untuk mengaplikasikan metode ini pada kelas yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih komprehensif.

This research aims to determine the effect of the peer tutor method on the activeness and learning outcomes of fourth grade students of UPT SPF SD Negeri Paccinang 1 Makassar City. The study used a quantitative approach with a true experimental design, specifically a posttest-only control design. The research sample consisted of class IV-A as an experimental class that used the peer tutor method in learning Civics, and class IV-B as a control class that used the lecture method. The results showed that the peer tutor method increased students' activeness, made the learning process more fun, and aroused learning motivation. The hypothesis test data of students' activeness showed sig (2-tailed) results of 0.000 < 0.05, indicating a significant effect of the peer tutor method on students' activeness. In addition, the results of hypothesis testing show that the peer tutor method also has a significant impact on student learning outcomes with sig (2-tailed) results of 0.000 <0.05. Students in the experimental class showed a higher increase in learning outcomes compared to the control class. In conclusion, the peer tutor method is effective in improving students' activeness and learning outcomes. Suggestions are given to the school to provide adequate facilities and infrastructure, for teachers to use learner-focused learning methods more often, and for future researchers to apply this method to higher classes for more comprehensive results.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acong, Y. N., & Trisakti. (2023). Pembelajaran Tari Sae Kaba dengan Metode Tutor Sebaya Di Sanggar Molas Bali Belo Ruteng Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1).

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10471

Fatin, N., Harun, L., Ariyanto, L., & Supriyanto, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Tutor Sebaya. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.33087/phi.v7i1.264

Febnesia, H., Nurtanto, M., Ikhsanudin, I., & Abdillah, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Pengelasan Pada Siswa SMKS Yabhinka. Research and Development Journal of Education, 7(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11265

Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.80-86

Kurniawan, R., Hendracipta, N., & Pribadi, R. A. (2023a). Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam. Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1).

Kurniawan, R., Hendracipta, N., & Pribadi, R. A. (2023b). Penerapan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1).

Kusuma, Y. A., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 4(3). https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.214

Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2). https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60888

Nurhasanah, L., & Gumiandari, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1881

Pratiwi, E. A., Zulhaji, Z., & Hajar, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2). https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30263

Puspitarini, D. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Melalui Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Wordwall Games. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.485

Rahayu, I. P., Christian Relmasira, S., & Asri Hardini, A. T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik. Journal of Education Action Research, 3(3). https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17369

Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2). https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194

Wahyuningsih, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Proses Persilangan Dengan Metode Tutor Sebaya Di SMP NEGERI 3 Trenggalek. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.136

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2). https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.3574

Yuliana, T., & Muhammad, A. F. N. (2023). Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.677

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Aprianti, A., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2024). Implementasi Metode Tutor Sebaya Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 227–231. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4453

Most read articles by the same author(s)