Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas 5 SD Di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

Authors

  • Nur Santy Abidin Dinas Pendidikan Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • A. Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.655

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Penyimpangan Kesantunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi kesantunan dan penyimpangan berbahasa siswa kelas 5 SD di kecamatan Tamalanrea kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di SD Kecamatan Tamalanrea Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Inpres Tamalanrea 1, SD Inpres Tamalanrea 3, dan SD Inpres Tamalanrea 4. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan rekaman. Peneliti mengolah data secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bentuk percakapan kesantunan dan penyimpangan berbahasa.

This study aims to describe the realization of politeness and language deviations in 5th grade elementary school students in the Tamalanrea district, Makassar city. This research was conducted in elementary schools (SD) in Tamalanrea District, Makassar. The subjects of this study were 5th grade students of SD Inpres Tamalanrea 1, SD Inpres Tamalanrea 3, and SD Inpres Tamalanrea 4. Data collection techniques in this study using observation and recording. The researcher processed the data qualitatively. This research produces conversational forms of politeness and language deviations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdar, A., Hamsiah, H., & Angreani, A. (2019). Kesantunan Bahasa Guru Dalam Proses Belajar-Mengajar Di Smp Negeri 35 Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(1), 75-80.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis, edisi revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta

Bogdan, Robert dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1992).

Darmawan, F. A., & Jainuddin, J. (2021). Augmented Reality-based Mathematics Worksheet for Online Learning During Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Studies, 23(2), 81-90.

Dipalaya, T. (2020). Field Experience Practices Based Lesson Study (Ls) To Improve Students Communication Skills And Collaboration. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 2(1), 48–62.

Hadzic S, Dedic A, Gojkov-Vukelic M, Pasic E, Ozegovic L, Beslagic E (2009). Influence of candida infection on denture stomatitis. Acta Medica Academica, 38: 6.

Jainuddin, J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Siswa Kelas XI. IPA1 sma Negeri 2 Sungguminasa. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(3), 44-52.

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rahmah, R., Muhammadiah, M., & Hamid, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Terhadap Dorongan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(1), 1–4.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Abidin, N. S., Muhammadiah, M., & Hamsiah, A. . (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas 5 SD Di Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(2), 81–86. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.655

Most read articles by the same author(s)