Internalisasi Nilai Budaya Toraja Dalam Pengembangan Bahan Ajar Membaca Bahasa Indonesia Di SD Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Susanti Susanti Magister Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • A. Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.623

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar, Berbasis Nilia Budaya Toraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganlisis bentuk bahan ajar, kelayakan bahan ajar, kepraktisan bahan ajar, dan keefektifan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja di SD Kabupaten Tana Toraja untuk mengetahui pengaruh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dengan model Kemp yang sudah di modifikasi. Penelitian ini dilakukan di SD Kabupaten Tana Toraja. Subjek penelitian ini adalah kelas V SDN 221 Inpres Maliba’ dan SDN 297 Inpres Kambuno. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, LKS, dan observasi. Peneliti mengolah data secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model produk prototipe bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja. Hasil uji coba bahan ajar terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa bahan ajar membaca bahasa Indonesia berbasis nilai budaya Toraja yang terdiri dari bahan ajar, LKS, beserta pedomannya. Selama digunakan dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak digunakan.

This study aims to determine and analyze the form of teaching materials, the feasibility of teaching materials, the practicality of teaching materials, and the effectiveness of teaching materials in Indonesian language learning based on Toraja cultural values in SD Tana Toraja Regency to determine the effect on the learning process. This study is development research of teaching materials with a modified Kemp model. This research was conducted in SD Tana Toraja Regency. The subjects of this study were students in class V SDN 221 Inpres Maliba' and SDN 297 Inpres Kambuno. Data collection techniques in this study used questionnaires, worksheets, and observation. The data was analysed qualitatively and quantitatively. This study produces a prototype product model for reading teaching materials in Indonesian based on Toraja cultural values. The results of trials of limited teaching materials and field trials show that this teaching material is feasible to use. Thus, we can conclude that the teaching materials for reading Indonesian are based on Toraja cultural values which consist of teaching materials, worksheets, and their guidelines. As it is used, it is valid, practical, effective and proper for use.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhsetyo, Gatot. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Jainuddin, J., Silalong, E. S., & Syamsuddin, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Ukiran Toraja. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Jainuddin, J., & Sirajuddin, S. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).

Darmawan, F. A., & Jainuddin, J. (2021). Augmented Reality-based Mathematics Worksheet for Online Learning During Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Studies, 23(2), 81-90.

Balalembang, L. (2007). Ada’ Toraya. Tana Toraja: Sulo.

Bararuallo, F. (2010). Kebudayaan Toraja. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Donzelli, A. (2003). Diversity in Unity: Multiple Strategies of a Unifying Rhetoric, the case of Resemanticisation of Toraja Rituals: From Wasteful Pagan Feasts into Modern Auctions. Jurnal Anropologi Indonesia, 72, September-Desember, 38—57.

Emzir. (2014). Metodoogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fauzi, F. (2008). Peran Pendidikan dalam Transformasi Nilai Budaya Lokal di Era Millenial. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(1), 51-65.

Gazali. (2009). Nyanyian Rakyat Kaili: Struktur, Fungsi dan Nilai (jurnal).

Hamsiah, A., M. M. dan A. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Budaya Sebagai Strategi Pelestarian Budaya. Ecosystem, 19 (1), 10-18. 2019.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-06-09

How to Cite

Susanti, S., Hamsiah, A. ., & Asdar, A. (2021). Internalisasi Nilai Budaya Toraja Dalam Pengembangan Bahan Ajar Membaca Bahasa Indonesia Di SD Kabupaten Tana Toraja. Bosowa Journal of Education, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.623

Most read articles by the same author(s)