Optimalisasi Pembentukan Karakter Mandiri Dan Gotong Royong Melalui Ekstrakurikuler Pramuka: Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Kecamatan Mariso Kota Makassar

Authors

  • Reni Astuty Latif Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • Masud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Syamsul Bahri Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4457

Keywords:

Karakter Mandiri, Gotong Royong, Ekstrakurikuler Pramuka, Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap pembentukan karakter mandiri dan gotong royong siswa di UPT SPF SDN Mattoangin 1, Kecamatan Mariso, Kota Makassar. Menggunakan analisis regresi linier sederhana, penelitian ini menilai kontribusi kegiatan Pramuka terhadap kedua aspek karakter tersebut. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data untuk karakter mandiri tidak terdistribusi normal, sehingga dilakukan analisis regresi linier sederhana dan uji Durbin-Watson. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka memberikan kontribusi signifikan sebesar 43,2% terhadap pembentukan karakter mandiri, dengan p-value < 0,001, menandakan hubungan yang signifikan secara statistik. Sebaliknya, untuk karakter gotong royong, kontribusinya adalah 19,4% dengan p-value < 0,001, menunjukkan bahwa meskipun pengaruhnya lebih kecil, kegiatan Pramuka tetap berperan signifikan dalam pengembangan karakter gotong royong. Hasil ini menegaskan pentingnya kegiatan Pramuka dalam mendukung pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kegiatan Pramuka dan dukungan orang tua untuk mengoptimalkan pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar.

This research aims to examine the influence of extracurricular Scouting activities on the formation of independent character and mutual cooperation of students at UPT SPF SDN Mattoangin 1, Mariso District, Makassar City. Using simple linear regression analysis, this study assessed the contribution of Scouting activities to these two aspects of character. The results of the normality test showed that the data for independent character was not normally distributed, so simple linear regression analysis and the Durbin-Watson test were conducted. The findings showed that Scouting activities made a significant contribution of 43.2% to the formation of independent character, with a p-value <0.001, signifying a statistically significant relationship. In contrast, for mutual cooperation character, the contribution was 19.4% with a p-value < 0.001, indicating that although the effect was smaller, Scouting activities still played a significant role in the development of mutual cooperation character. The results of this research confirm the importance of Scouting activities in supporting students' character development in accordance with the values of Pancasila. This study recommends increasing Scouting activities and parental support to optimize students' character building in Elementary Schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).

Ariani, D. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan, 9(1).

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2). https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

Fadilah, F. A., Kurniawan, H., & ... (2021). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga. Proceeding the 5th Annual International Conference on Islamic Education, 5(1).

Khairiyah, U., Gusmaniarti, Asmara, B., Suryanti, Wiryanto, & Sulistiyono. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2).

Nashrullah, M., & Pd. (n.d.). Pengantar Kurikulum Profil Pelajar Pancasila Di Pendidikan Dasar.

Nur’aini, S. (2018). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian siswa MTS Ma’arif NU Durensewu Pandaan.

Palupi, W. krismon sri, & Sari, E. Y. (2023). Nilai Karakter Disiplin Dan Mandiri Siswa Kelas 3 Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1).

Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260

Rahman, A., & Dewi Anggrianti. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Disiplin Siswa (Study Expost Facto). Pelita Bumi Pertiwi, 01(1).

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01). https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2407

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Latif, R. A., Muhammadiah, M., & Bahri, S. (2024). Optimalisasi Pembentukan Karakter Mandiri Dan Gotong Royong Melalui Ekstrakurikuler Pramuka: Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Kecamatan Mariso Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 268–273. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4457