Pendidikan Karakter Bersahabat, Komunikatif Dan Antisipasi Perilaku Perundungan Di Sekolah Dasar

Authors

  • Fifi Elvira Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4455

Keywords:

Perundungan, Penanganan Perundungan, Pendidikan Karakter, Sosialisasi, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, dampak, dan penanganan perundungan di UPT SPF SD Inpres Mariso III. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perundungan di sekolah ini terdiri dari perundungan fisik dan non-fisik, dengan pelaku sering kali berasal dari latar belakang keluarga yang kurang mampu dan tidak memberikan perhatian yang memadai. Korban perundungan cenderung mengalami penurunan minat belajar dan kesulitan bergaul. Intensitas perundungan terjadi hampir setiap hari, terutama di area yang kurang terpantau seperti halaman dan kantin. Penanganan perundungan di sekolah masih kurang efektif, disebabkan oleh minimnya sensitivitas guru dan kurangnya kerjasama dengan orang tua. Upaya pencegahan melalui sosialisasi dan program pembinaan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan semua pihak dalam mengatasi perundungan. Rekomendasi termasuk peningkatan kerjasama antara sekolah dan orang tua, pembinaan guru yang lebih intensif, dan penyediaan fasilitas pendidikan yang mendukung lingkungan belajar yang kondusif.

This research aims to describe the form, effects, and handling of bullying at UPT SPF SD Inpres Mariso III. Using descriptive qualitative research methods, data was collected through observation, interviews, and document studies. The results showed that bullying in this school consists of physical and non-physical bullying, with the perpetrators often coming from underprivileged family backgrounds and not providing adequate attention. Victims of bullying tend to experience decreased interest in learning and social difficulties. The intensity of bullying occurs almost every day, especially in less monitored areas such as courtyards and canteens. The handling of bullying in schools is still ineffective, due to the lack of sensitivity of teachers and the lack of cooperation with parents. Prevention efforts through socialization and coaching programs are expected to increase understanding and involvement of all parties in addressing bullying. Recommendations include increased cooperation between schools and parents, more intensive teacher coaching, and the provision of educational facilities that support a conducive learning environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AA, D. A. R. D. (2021). Peran Modal Sosial Pesantren Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Semangat Nasionalisme Melalui Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5(3).

Anwar, K. (2021). Manajemen Pendidikan Karekter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(1). https://doi.org/10.31602/jmpd.v1i1.4222

Chiani, S. H., & Hakim, F. (2024). Pengaruh Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terhadap Perilaku Perundungan di Sekolah Dasar Kabupaten Sumbawa Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3604

Chiani, S. H., Sulami, N., Windari, A. P., Irawan, B., & Indrayani, N. (2022). Studi tentang Perilaku Perundungan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.444

Halimah, M. (2020). Penanganan Perilaku Perundungan di Sekolah Dasar Memakai Metode Golden Circle” (Studi di SDN Tanah Sereal 03 Pagi Jakarta). Tesis.

Herlambang, S., Andhika, M., & Ayu, F. (2019). Gambaran perilaku perundungan (bullying) siswa sekolah dasar di Kota Jambi. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September.

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. D. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2). Karimah, A. F., Julia, J., Iswara, P. D., Ismail, A., Gusrayani, D., & Isrokatun, I. (2024). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.841

KPAI. (2019). Laporan Tahunan KPAI. Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

KPAI. (2022). Laporan Tahunan KPAI 2022. Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

KPAI. (2023). Laporan Data Kekerasan di Lingkungan Pendidikan. Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

Mansyur, Z. (2021). Pola Penanganan Perilaku Bullying Pada Sekolah Dasar. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health, 2(2). https://doi.org/10.30984/jiva.v2i2.1770

Marhadi, H., Erlisnawati, E., Risma, D., Alpusari, M., Elmustian, E., & Fatmawilda, F. (2023). Pemberdayaan Guru dalam Upaya Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) di Sekolah Dasar. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 3(6). https://doi.org/10.31258/cers.3.6.254-261

Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Elvira, F., Hamid, S., & Burhan, B. (2024). Pendidikan Karakter Bersahabat, Komunikatif Dan Antisipasi Perilaku Perundungan Di Sekolah Dasar. Bosowa Journal of Education, 4(2), 294–303. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4455

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>