Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1214Keywords:
Media Pembelajaran, Damdas, Motivasi Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Damdas melalui metode course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar tematik siswa kelas IV di SD Inpres kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 26 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal II dan 24 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil pembelajaran tematik pada kelas yang telah diberi pembelajaran tematik dengan menggunakan metode course review horay sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,19 > 65,62. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima dengan nilai signifikan P(sig.2-tailed) = 0,002 < . (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode course review horay pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode course review horay (pendekatan konvensional).
Downloads
References
Andriani, T.. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya.Vol. 9, No. 1.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Heriawan, Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Johan Huizinga, Homo Ludens. Permainan Tradisional. Terj. Hasan Basri (Jakarta: LP3ES, 1990), terj., 39.
Kurniati, Euis. 2011. Permainan Tradisional dan Perannya dalam mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Group.
Majid Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahnun. Nunu. 2012. Media Pembelajaran: Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. No. 1.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. Teacher Professionalism and Learning Services to Improve Students’Learning Outcomes In PAI Elementary School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24(1), 106-113.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tello Baru II Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(3), 74-85.
Wijayanti, Rina. Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 5, No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nur Lindah Sari, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.