Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar

Authors

  • Nur Lindah Sari Sekolah Dasar Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1214

Keywords:

Media Pembelajaran, Damdas, Motivasi Siswa, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Damdas melalui metode course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar tematik siswa kelas IV di SD Inpres kecamatan Tallo Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang didesain dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SD Inpres Kecamatan Tallo Kota Makassar. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok terdiri atas 26 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal II dan 24 orang siswa SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Hasil uji-t menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil pembelajaran tematik pada kelas yang telah diberi pembelajaran tematik dengan menggunakan metode course review horay sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,19 > 65,62. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima dengan nilai signifikan P(sig.2-tailed) = 0,002 < . (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode course review horay pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode course review horay (pendekatan konvensional).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, T.. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya.Vol. 9, No. 1.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Heriawan, Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johan Huizinga, Homo Ludens. Permainan Tradisional. Terj. Hasan Basri (Jakarta: LP3ES, 1990), terj., 39.

Kurniati, Euis. 2011. Permainan Tradisional dan Perannya dalam mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Prenadamedia Group.

Majid Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahnun. Nunu. 2012. Media Pembelajaran: Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam. Vol. 37. No. 1.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Puspita, A., Rezki, R., Hamid, S., & Hamsiah, A. Teacher Professionalism and Learning Services to Improve Students’Learning Outcomes In PAI Elementary School. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24(1), 106-113.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syamsuddin, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tello Baru II Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(3), 74-85.

Wijayanti, Rina. Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Jurnal Cakrawala Dini. Vol. 5, No. 1.

Downloads

Published

2021-12-24

How to Cite

Sari, N. L., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Damdas Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Course Review Horay Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 82–87. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1214

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>