Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Media Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala I Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4463Keywords:
Discovery Learning, Media Digital, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbasis media digital pada pembelajaran IPS siswa kelas VI UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI-A dan VI-B UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1. Hasil penelitian menunjukkan output uji hipotesis pada sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model discovery learning berbasis media digital terhadap pembelajaran IPS siswa kelas VI UPT SPD SD Inpres Maccini Sombala 1 Kota Makassar.
This research aims to investigate the influence of digital media-based discovery learning on social studies (IPS) learning among sixth-grade students at UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1, Makassar City. The research utilized a quantitative quasi-experimental design with a Nonequivalent Control Group Design. The study sample comprised students from classes VI-A and VI-B at UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1. The hypothesis testing results indicate a significance level of 0.000 < 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of H1, thereby concluding that the implementation of the digital media-based discovery learning model significantly influences the social studies learning of sixth-grade students at UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala 1, Makassar City.
Downloads
References
Bawaneh, S. S. (2018). Digital Media and Its Role in Education.International Journal of Applied Engineering Research, 13(11), 10130-10134.
Kafit, M. (2009). Efektivitas penggunaan media pembelajaran komputer untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ipa kelas VIII MTS NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, UNS (
Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 4(2).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wanhar, F. A. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 060790 Medan Area (Doctoral dissertation, UNIMED).
Widiasworo, E. 2018. Strategi Pembelajaran Edutaiment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raodatul Jannah, Syahriah Majid , Burhan Burhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.