Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar

Authors

  • Yulianti Yulianti Dinas Pendidikan Kota Makassar
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3823

Keywords:

Model Pembelajaran SAVI, Motivasi Belajar, Keterampilan Berbicara

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. Jenis penelitian ini quasi ekperimental design, dan desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar yang berjumlah 323 orang, sampelnya yaitu kelas V-c dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V-d dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas control. instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan postest untuk keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran SAVI  (Somatic,  Auditory, Visual, Intelektua) dan angket untuk motivasi belajar. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) pada kelas eksperimen motivasi belajar sebesar 89,24 dan untuk keterampilan berbicara sebesar 88,40 dengan sig 0,00 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) motivasi belajar sebesar 53,50 dan keterampilan berbicara sebesar 45,83 dengan sig 0,00. Data tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar.

The aims of this study was to describe the effect of the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model on increasing learning motivation and Indonesian speaking skills of fifth grade students at SD Cluster I Makassar District. The type of research is quasi-experimental design, the research design used is a non-equivalent control group. The population is all students of class V SD Cluster I, Makassar District, totaling 323 students, the sample is class V-c with 25 students as the experimental class and class V-d with 24 students as the control class. The instruments used to collect data are pretest and posttest. for speaking skills using the SAVI learning model and questionnaires for learning motivation. The data were analyzed using descriptive statistical analysis of SAVI learning in the experimental class learning motivation of 89.24 and for speaking skills of 88.40 with a sig of 0.00 while in the control class that did not apply the SAVI learning model learning motivation of 53.50 and speaking skills of 45.83 with a sig of 0.00. The data shows there is an effect of SAVI learning model on increasing learning motivation and Indonesian speaking skills in fifth grade students at SD Gugus I Makassar District.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak, 1980, 1–15.

Alim, S., & Rakhmat, H. A. B. (2020). The construction of academic optimism scale (AOS) to describe optimism in educational Setting. Ecosystem, 20, 199–206.

Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap Hasil Belajar. 37–47.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Br Ginting, M. F., & Rosmaini, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy ) Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Observasi Siswa Kelasx Man Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Basastra, 9(1), 95. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17777

Dikriansyah, F. (2018). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Murid Dalam Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Ana Gowa.” Biomass Chem Eng, 3(2), 98.

Farizandi. (2010). Implementasi model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Fauyan, M. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di Sd/Mi Kota Pekalongan. Komposisi, 2, 96–104.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Muhammadiah, M., Hartina, S. A. S., Astini, Emi, S., & Harianto Wayan Henri. (2022). Model Pembelajaran (Konsep dan Penerapannya) (2nd ed., Vol. 2). Azkiyah Publishing.

Prihantoro, C. R., & Hanum, E. (2011). Penerapan Prosedur Savi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Praktis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17, 429–433.

Rohman, P. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa ditinjau dari Jurusan Asal Sekolah.

Rombe, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di STT KAO. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 2017, 89–104.

Sholihah, A. M., Iriawa, S. B., & Heryanto2, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 52–62.

Suharni, & Purwanti. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Suprihatin, Hariyadi, & Dewi Ahmad. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1384–1393. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832

Yara, Y.S. & Taufik, M. (2021). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Wahyuni, W., Asdar, A., & Madjid, S. (2022). Pengaruh Metode Permainan Broken Triangle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Bosowa Journal of Education, 3(1), 59-65.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Yulianti, Y., Asdar, A., & Hamsiah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 176–183. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3823

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>