Implementasi Pembelajaran Berbasis CTL Dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Chornelia Chornelia Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja
  • Agustinus J. Patandean Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4523

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis CTL, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran Implementasi Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Inkuiri Terbimbing dan pengaruh implementasi pembelajaran berbasis CTL dengan Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian quasy experimental design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilakukan di Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan pada UPT SDN 9 Gandangbatu Sillanan dan UPT SDN 15 Gandangbatu Sillanan. Populasi  361 dan sampel dalam penelitian sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes (pre-test, post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji coba hipotesis (uji t). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian pada uji t didapatkan nilai t_hitung sebesar 9,622 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima yaitu   implementasi pembelajaran berbasis CTL dengan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik Kelas VI Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja.

This study aims to analyze the description of Contextual Teaching and Learning (CTL)-based Learning Implementation  with Guided Inquiry and the effect of CTL-based learning implementation with Guided Inquiry in improving science learning outcomes. This study uses quasy experimental design research using a quantitative approach. This research will be conducted in elementary schools in Gandangbatu Sillanan District at UPT SDN 9 Gandangbatu Sillanan and UPT SDN 15 Gandangbatu Sillanan. The population was 361 and the sample in the study was 40 people. The sampling technique in this study was Purposive Sampling. The data collection techniques used in this study were observation, tests (pre-test, post-test) and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis technique, normality test, homogeneity test and hypothesis testing (t test). The results showed that based on the results of the research on the t test, the t_count value was 9.622 with a significance value of 0.000 < 0.05. This means that the hypothesis is accepted, namely the implementation of CTL-based learning with guided inquiry can improve the science learning outcomes of Class VI students of Gandangbatu Sillanan Elementary School, Tana Toraja Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2015). Filsafat Pendidikan Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ausubel, D. P. (1968). Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I: The Cognitive Domain. New York: David McKay.

Bruner, J. S. (1960). The Process of Education. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. New York: Macmillan.

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Hamid, S., et al. (2023). Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran. Surabaya: Unesa Press.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching. Boston: Pearson.

Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.

Sunarsi, et al. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wasis. (2015). Pengembangan Literasi Sains. Bandung: Alfabeta.

Yunus, M. (2013). Aktivitas Belajar Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Chornelia, C., Patandean, A. J., & Hamid, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis CTL Dengan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja. Bosowa Journal of Education, 4(2), 232–237. https://doi.org/10.35965/bje.v4i2.4523

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3