Model PembeLajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5288Keywords:
Project-Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar. Pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik untuk memotivasi peserta didik dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka melalui proyek-proyek praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V berjumlah 61 orang, yaitu kelas V-A sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen, dan kelas V-B sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen betujuan untuk mengukur atau mengumpulkan data mengenai variabel yang diteliti, adapun instrument yang digunakan meliputi kuesioner untuk mengukur motivasi belajar dan tes berpikir kritis. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest sebelum dan sesudah penerapan model PjBL. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam pelajaran dan keterlibatan yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, kemampuan berpikir kritis peserta didik juga meningkat secara signifikan, ditunjukkan oleh peningkatan skor tes berpikir kritis pada posttest dibandingkan dengan pretest, pada pretest skor berpikir kritis sedanyak 36,84 dan mengalami peningkatan pada postest dengan jumlah rata-rata 85,82. Model project-based learning efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar. Penerapan PjBL memberikan pengalaman belajar yang menarik dan relevan, mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.
This study aims to determine the effect of project-based learning model on motivation and critical thinking skills of students at UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar. Project-based learning as one of the effective approaches to increase learners' engagement and critical thinking skills to motivate learners and develop their critical thinking skills through practical projects. This research uses a quantitative approach with the type of research Quasi Experimental Design. The sample in this study were 61 fifth grade students, namely class V-A as many as 31 students as the experimental class, and class V-B as many as 30 students as the control class. The instrument aims to measure or collect data on the variables studied, while the instruments used include questionnaires to measure learning motivation and critical thinking tests. Data were collected through pretests and posttests before and after the application of the PjBL model. While the data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistical analysis. The results showed that the application of the PjBL model significantly increased students' learning motivation. Learners showed higher interest in the lesson and more active involvement in learning activities. In addition, learners' critical thinking skills also increased significantly, indicated by an increase in critical thinking test scores on the posttest compared to the pretest, in the pretest the critical thinking score was 36.84 and increased in the posttest with an average of 85.82. The project-based learning model is effective in increasing students' motivation and critical thinking skills at UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar. The application of PjBL provides an interesting and relevant learning experience, encourages learners to be actively involved in learning and develops their critical thinking skills.
Downloads
References
Aminuddin, R. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press & Yayasan Pep-Ex 8.
Annisa Nidaur Rohmah. (2018). Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Cendekia, 10(02), 229–245. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.101
Esa, B. dan wahyuni N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran (1 ed.; A.-R. MEDIA, Ed.). Yogyakarta.
Fathiah Alatas. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, IV nomor 1, 88–96.
Kemendikbud. (2022). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD. Jakarta: Kemendikbud.
Muslimah, A. A., & Hardini, A. T. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Abstrak. JANACITTA: Journal of Primary anda Children’s Education, 6(024), 94–103.
Nara, E. S. & H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 12 No (1), 87–103.
Salmia & A. Muhammad Yusri. (2021). Perana Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92.
Sunarsi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Mangkura I Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 4(1), 01–11. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3826
Taoufik Hidayat. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. Diambil dari http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/14.1.01.05.0134.pdf
Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Tsaqofah, 3(1), 129–139. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.834
Yahaya, A. (2005). Teori-teori motivasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andi Wirahandayani, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.