Efektivitas Model RADEC dalam Peningkatan Higher Order Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.4557Keywords:
Model RADEC, HOTS, Pembelajaran TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model RADEC dalam peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimen rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik, hal tersebut didukung nilai posttest pada kelas eksperimen jauh lebih meningkat dibandingkan pada kelas kontrol. Hal lain yang mendukung yaitu, pada pengujian hipotesis menunjukkan output uji hipotesis pada sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pengujian N-Gain menunjukkan nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 61,8948 atau 61.9% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dari data tersebut menunjukkan hasil bahwa, penerapan model RADEC cukup efektif dalam peningkatan higher order thinking skills siswa pada pembelajaran tematik UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar.
This study aims to determine the effectiveness of the application of the RADEC model in improving students' higher order thinking skills in thematic learning UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar. The type of research used in this study is quantitative experimental design nonequivalent control group design. The data collection techniques used are tests, observation, and documentation. The results showed that there was an increase in students' higher order thinking skills in thematic learning, this was supported by posttest scores in the experimental class much increased than in the control class. Another thing that supports is that hypothesis testing shows a hypothesis test output at sig (2-tailed) of 0.000 < 0.05. The N-Gain test showed that the average N-Gain score in the experimental class was 61.8948 or 61.9% included in the category of quite effective. From these data, it shows the results that the application of the RADEC model is effective in improving students' higher order thinking skills in thematic learning UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng II Makassar.
Downloads
References
Astini, A., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di UPTD SDN 158 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 106-110.
Alimuddin, J. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.
Brookhart, S. 2010. How to Assess High-er Order Thinking Skills in Your Class-room. Alexandria: ASCD.
Djamarah. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Fauza Rahmatia, Yanti Fitria. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan tambusai. Vol 4, No 3. 2020.
Hidayat, Sholeh, 2013, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jumiati, J. 2016. IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa MI/SD Kelas VI Tema 1, Karya Afriki, dkk). Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 17-26.
Kaharuddin A, Dan Hajeniati, N 2020. Pembelajaran Inovatif & Variatif. Gowa: Pustaka Almaida.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rhineka Cipta.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nugroho, R Arifin. 2018. HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal-Soal. Jakarta: Gramedia.
Rahim. A, Andika, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas V SDN 199 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone.” II (1).
Rosyida, U. F. 2019. Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris SD. Elementary, 7, 323–336.
Sijarwo, 2015. Strategi Pembelajaran Partisipatif bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi), Majalah Ilmiah Pembelajaran UNY, 1-10.
Sopandi, Wahyu. 2017. Pengajuan Pertanyaan Pra-Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Bandung: Upi Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abner Buttu Sarira, Muhammad Yunus, Sundari Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.