Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja

Authors

  • Esther Ropinis Sekolah Dasar Negeri 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja
  • Syahriah Madjid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Andi Hamsiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5253

Keywords:

Model Pembelajaran Experiential Learning, Motivasi Belajar, Minat Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran dalam peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning dalam peningkatan minat baca siswa Kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah, semua siswa kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan dengan jumlah yaitu 13 siswa. Intsrumen yang digunakan adalah angket dan studi pustaka. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan software SPSS versi 23. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji regresi di mana diperoleh nilai 0.003 nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti Ada pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap minat membaca siswa.  (2) Nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil uji regresi dimana diperoleh nilai 0.000 nilai tersebut lebih kecil daripada nilai probabilitas 0.05 (0.000<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti Ada pengaruh antara Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Motivasi belajar siswa.

This study aims (1) to determine the effect of the learning model in increasing the learning motivation of fifth grade students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan. (2). To determine the effect of the Experiential Learning model in increasing the reading interest of Class V students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. The research method used is quantitative research. The sample in this study were all fifth grade students of SDN 1 Gandangbatu Sillanan with a total of 13 students. Intsrumen used is a questionnaire and literature study. The data obtained in this study were processed using SPSS software version 23. After conducting the research, the researchers concluded that (1) The significance value obtained from the regression test results where a value of 0.003 was obtained, this value is smaller than the probability value of 0.05 so it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, which means that there is an effect of the Experiential Learning Model on students' interest in reading.  (2) The significance value obtained from the regression test results where a value of 0.000 is obtained, this value is smaller than the probability value of 0.05 (0.000 <0.05) so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is an influence between the Experiential Learning Model on student learning motivation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Wahyu Angga, “Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. No. 5 (2016).

Azis Putri Athirah, “Hubungan Minat, Motivasi Belajar Dan Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar” Journal of EST, Vol. 2 No. 3 (Desember) 2016).

Baharuddin, Roplin Zakaria S, “Pengaruh Strategi Paikem dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim Kec. Kedaton Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010-2011”, Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 No. 1, juni 2016

Cahyani, Isah. 2014. Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiential Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar Sps UPI. Jurnal Riksa Bahasa. Vol. 3 (1). PP. 94-102.

Fiteriani Ida, Iswatun Solekha, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) PADA Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015-2016, Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 No. 1, Juni 2016.

Hamid, S., & Rosnani, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 9-13.

Ifrianti Syofnidah, Yasyfatara Zasti, “Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Metode Pembelajar Questions Students Have Pada Peserta Didik Kelas IV SDN I Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015-2016” Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 No. 1, 2016.

Isnaeni Siti Nur, Sumilah, Hubungan Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn, Jurnal Kreatif , Vol. 8 No. 2, 2018.

Komikesari Happy “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hsil Belajar Fisika Siswa Pada ,Odel Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievent Division” Jurnal Tadris Vol 1, No 1, (2016)

Kolb, David. 1984. Experiential Learning, Experience As The Source Of Learning And Development. Experiential Learning, Experience As The Source Of Learning And Development. New York: International Inc Publishing.

Maria Cloepatra, Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 2, 2015

Menrisal, Etrilia Utari, Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi ( Kkpi) Siswa (Studi Kasus X Jurusan Akutansi Smk Nusatama Padang), Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, Vol. 4 No. 1, April 2017.

Muhammad, M., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo. Bosowa Journal of Education, 3(2), 128-132.

Misbahudin, Pengaruh Motivasi Belajar Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Kelas V Sdn Dewi Sartika Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Jurnal Pendidikan, Vol. 18 No. 1, Maret 2017.

Nara Eveline Siregar, Hartini, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor : Ghalia Indonesia, 2015.

Nureva, Aulia Gustina Citra, Kontribusi Intraksi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Mini Zoo Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa MI, Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 5 No. 1, Juni 2018.

Nurhaidah. M. Insya Musa, Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa Pgsd Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 3 No. 4, Oktober 2016.

Nurida Maulidia Rahma, Ratih Nur Pratiwi, Niken Lastiti V.A, Strategi Peningkatan Minat Baca Anak (Studi Pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang), Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3 No. 5, 2017.

Nurul Hidayah, Fiki Hermansyah, Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung 2016-2017, Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 3 No. 2, Desember 2016.

Rosidi Ajip, Pembinaan Minat Baca Bahasa dan Sastra, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Rohman Syaifur, Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah, Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 4 No. 1, Juni 2017.

Sabriyadi, Nana Sumarna, Tatang Permana, Hubungan Antara Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Di Smk, Jurnal Of Mechanical Engineering Education, Vol. 2 No. 1, Juni 2015.

Sardiman. 2007. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Selfia S. Rumbewas, Beatus M. Laka, Naftali Meokbun, Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi, Jurnal Edumatsains, Vol 2 No. 2, Januari 2018.

Sobandi Rizky, Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Pangandaran, Jurnal Diksatrasia, Vol. 1 No. 2, Agustus 2017.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin Siti, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3 No.1, Juni 2016.

T M. Yusuf, Mutmainnah Amin, “ Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa” Jurnal Tadris Vol. 1, No 1, 2016.

Triatma Ilham Nur, “Minat Baca Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 5 No. 6 2016.

Wahyuni Lina, et. al, Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI Mia 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika, Jurnal Gravity, Vol. 3 No. 1, 2017

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Ropinis, E., Madjid, S., & Hamsiah, A. (2024). Model Pembelajaran Experiential Learning dalam Peningkatan Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 1 Gandangbatu Sillanan Tana Toraja. Bosowa Journal of Education, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5253

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>