Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Berbasis Pengalaman Di UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng

Authors

  • Muh Yusuf UPT SPF SDN Bulurokeng, Kota Makassar
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5279

Keywords:

Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Gotong Royong, Pengalaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menggambarkan implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng, Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menjadi hambatan pelaksanaan implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menentukan sumber data menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini mengambil subjek sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa UPT SPF UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng. Peneliti menggunakan alat bantu pedoman observasi dan wawancara untuk memudahkan mendapatkan data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng melalui : a) Pengembangan kurikulum sekolah, meliputi program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan budaya sekolah, b) Pengembangan proses pembelajaran, meliputi pengembangan proses pembelajaran kelas, sekolah dan luar sekolah, c) Pengembangan kesehatan sekolah, meliputi pemeliharaan ruang dan bangunan, pencahayaan dan ventilasi udara di ruang kelas, dan  fasilitas sanitasi sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan implementasi pendidikan karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa rendahnya pemahaman siswa mengenai kebersihan lingkungan. Sedangkan faktor eksternal yakni, fasilitas kurang memadai serta ketidaktegasan aturan yang dibuat oleh pihak sekolah.

This study aims to describe the implementation of Caring for the Environment and Gotong Royong Character education at UPT SPF Bulurokeng State Elementary School, to describe the factors that become obstacles to the implementation of Caring for the Environment and Gotong Royong Character education at Bulurokeng State Elementary School. The research method used is descriptive with a qualitative approach. Researchers determine data sources using snowball sampling techniques. This research took the subject of the data source is the principal, teachers, and students of UPT SPF UPT SPF Bulurokeng State Elementary School. Researchers used observation and interview guidelines to make it easier to get data that suits the research needs. After conducting the research, the researcher concluded that the Implementation of Environmental Care and Gotong Royong Character education at Bulurokeng State Elementary School through: a) Development of the school curriculum, including self-development programs, integration in subjects, and school culture, b) Development of the learning process, including the development of classroom, school and out-of-school learning processes, c) Development of school health, including maintenance of space and buildings, lighting and air ventilation in classrooms, and school sanitation facilities. Factors influencing the implementation of the implementation of environmental care and mutual cooperation character education at Bulurokeng State Elementary School are influenced by internal and external factors. Internal factors include students' low understanding of environmental hygiene. While external factors, namely, inadequate facilities and the lack of assertiveness of the rules made by the school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyeni, Yeni. “Pembentukan Karakter Untuk Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong Yang Ada di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, No 2 (2018).

Andri, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Sekolah Di Kelas V Sdn 24 Negeri Katon Pesawaran (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Dewi Jayanti, I., & Zuhri, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Effendi, Nofriza dkk. “Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong di SDN 13 Lolong Belati Padang”, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 29, No. 2 (2019).

Elsa, F., Khairil, K., & Yunus, Y. (2018). Penerapan pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong melalui metode inkuiri terhadap sikap dan perilaku siswa pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan di SMP Negeri 6 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(1), 28-32.

Gunawan, Hadi dkk. “Analisis Sikap Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong Siswa SDN 184 Pekanbaru”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8, No. 2, (2019)

Hamid, S., & Rosnani, R. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca dan Mandiri Terhadap Motivasi serta Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 9-13.

Ismail, Jen. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong dan Menjaga Kebersihan di Sekolah”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4, No. 1 (2021).

Kurniawan, Asep. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosada Karya. 2018.

Lestari, Yeni. “Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan dan Gotong Royong dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”, Trirahayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4, No. 2 (2018).

Multimedia, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018. Naziyah, Sifaun dkk. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong di Sekolah”, Jurnal Basicedu, 5, No. 5. (2021).

Ningrum, R. C., Nadiyah, D., & Jamaludin, U. (2023). Kajian Kelestarian Alam Kampung Naga Dalam Upaya Pendidikan Karakter Lingkungan Di Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).

Noor, Juliansyah, Metodelogi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana, 2017.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT BumiAksara.

Harianti, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong di Sekolah Dasar Negeri Nomor 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700-708.

Jamal Ma’murAsmani. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu, 14(2), 226-239.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2018). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Sekolah.

Moleong, Lexy J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. (Alih bahasa: Hasan Basari). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marijan. (2012). Upaya Pengembalian Pendidikan Karakter Peserta Didik yang Hilang dan implementasinya di Sekolah. Proceeding, Seminar Nasional. Yogyakarta: IKA UNY.

Pupuh Fathurrohman dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter.

Muharam, A., Mustikaati, W., Rosafina, M., Septiani, N., & Rofatannuroh, R. (2022). implementasi pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong siswa kelas v di SDN Sindangkasih 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10417-10426.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.

Naufal, M. R., Nasrudin, E., & Jaelani, D. A. (2023). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Berbasis Pendidikan Islam di SD Islam Fathiya. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7166-7174.

Prasetiyo, D. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Melalui Program Adiwiyata.

Putri, D. A. A., & Setyowati, R. R. N. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong pada Siswa Kelas VII di Sekolah Berwawasan Lingkungan SMPN 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Journal of Civics and Moral Studies, 8(2), 81-95.

Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Di SD Muhammadiya Bodon Kotagede. Fundamental Pendidikan Dasar, 2(3), 109-116.

Saputri, R. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Basic Education, 8(15), 1-424.

Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong di Sekolah Adiwiyata. Visipena, 13(2), 130-144.

Sugihartono dkk. (2013). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wardani, R. (2023). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(3).

Yahya, M. S. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdit Imam Syafie I Petanahan Kebumen. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 232-246..

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yusuf, M., Muhammadiah, M., & Burhan, B. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Gotong Royong Berbasis Pengalaman Di UPT SPF Sekolah Dasar Negeri Bulurokeng. Bosowa Journal of Education, 5(2), 188–196. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5279

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>