Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Rendah Di UPTD SD Inpres Ngapaboa
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5322Keywords:
Kolaborasi Guru dan Orang Tua, Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antara guru dan orang tua dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas rendah di UPTD SD Inpres Ngapaboa. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mixed research) dengan tahapan eksplorasi awal yang diikuti pengumpulan data lanjutan untuk memperdalam hasil (sequential exploratory). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kolaborasi antara guru dan orang tua dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: (a) tahap pemetaan masalah meliputi komunikasi mengenai kesulitan siswa dalam membaca dan menulis serta pembentukan kesepakatan kolaborasi; (b) tahap penyusunan aturan dasar melibatkan perancangan strategi pembelajaran yang disepakati bersama; dan (c) tahap pelaksanaan, di mana strategi diterapkan baik oleh guru di sekolah maupun orang tua di rumah, disertai komunikasi untuk memantau kemajuan siswa; (2) keterampilan membaca siswa kelas rendah meningkat melalui pelaksanaan kolaborasi ini; dan (3) keterampilan menulis siswa kelas rendah juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil ini menunjukkan pentingnya sinergi antara guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan literasi siswa.
This study aims to analyze the collaboration between teachers and parents in improving the reading and writing skills of lower-grade students at UPTD SD Inpres Ngapaboa. The research employs a mixed-method approach with an initial exploration phase followed by subsequent data collection to deepen findings (sequential exploratory). Data were collected through interviews, observations, and documentation, and analyzed using qualitative and quantitative techniques. Data validity was ensured through source triangulation. The findings reveal that: (1) collaboration between teachers and parents is conducted in three stages: (a) problem mapping, including communicating students' reading and writing difficulties and forming collaboration agreements; (b) establishing foundational rules, involving the joint planning of teaching strategies agreed upon by both parties; and (c) implementation, where strategies are applied by teachers at school and parents at home, accompanied by ongoing communication to monitor student progress; (2) students' reading skills improved significantly during the implementation of this collaboration; and (3) students' writing skills also experienced notable enhancement. These results underscore the critical role of synergy between teachers and parents in supporting students' literacy development.
Downloads
References
Apriliani, W., & Wardani, K. W. (2023). Flash Card Sebagai Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5868
Christiana, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3450
Jainuddin, J., Mubarik, M., & Bahri, S. (2021). PENGARUH METODE PAKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 124 BATUASANG. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1). https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.1058
Musolin, M., & Nisa’, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1316
Purnama sari, D., Hadi Saputra, H., & Hamdian Affandi, L. (2022). KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SDN 23 AMPENAN. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2678
Rahmah, R., Muhammadiah, M., & Hamid, S. (2020). Pola Asuh Orangtua Terhadap Dorongan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.461
Ramadhan Almadani, & , Dede Indra Setiabudi. (2022). PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN LITERATUR HARIAN. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72
Reshi, A., Ernaz, N., & Noviyanti, S. (2022). Kajian Literatur Terhadap Keberhasilan Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Roykhan, M., Sucipto, S., & Ardianti, S. D. (2022). KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION BERPOLA LESSON STUDY MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Yessi Apriani. (2021). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Dari Rumah Pada Mata Pembelajaran Al-Quran Hadist di MIN 2 Kota Bengkulu. Correspondencias & Análisis, 15018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tahirah Akib, Mas'ud Muhammadiah, Sundari Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.







