Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Di MIN 2 Kota Makassar Melalui Implementasi Project Based Learning Dengan Canva

Authors

  • Waode Uzli Fitrini Madrasah Ibtidayah Negeri 2 Kota Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5291

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan aplikasi canva untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik MIN 2 Kota Makassar. Jenis Penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan rancangan penelitian adalah Nanoquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A dan peserta didik kelas V-C dengan jumlah keseluruhan siswa dijadikan sampel sebanyak 50 orang peserta didik yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantu aplikasi canva dengan perolehan persentase 92% kategori sangat baik, (2) aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran matematika dari 24 responden menjawab angket menunjukkan perolehan persentase 91,05% kategori sangat baik, (3) dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika yang diperoleh hasil dari 79,17% meningkat menjadi 91,17% dengan kategori sedang, dan (4) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan aplikasi canva dikelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh dari 67,29 kategori kurang menjadi 84,17 kategori baik.

This study aims to describe the impact of Project Based Learning (PjBL) Learning Model by using the canva aplication to increase Activity and Learning Outcomes students’ mathematics in MIN 2 Makassar City. This type of research is a quasi-experimental design with the research design being the nanoquivalent control group design. The population in this study were class V-A and class V-C students with a total sample of 50 students consisting of 26 boys and 24 girls. The data analysis techniques used is descriptive analysis and inferential statistics. The results showed that; (1) application of the Project Based Learning (PjBL) learning model assisted by the canva application with a percentage of 92% in the very good category, (2) student learning activities using the Project Based Learning (PjBL) learning model in mathematics subjects from 24 respondents answering the questionnaire shows a percentage of 91,50% in the very good category, (3) with the aplication of the Project Based Learning (PjBL) learning model it can increase student activity in mathematics learning, resulting ini result from 79,17% increasing to 91,17% in the medium category, and (4) the application of the Project Based Learning (PjBL) learning model using the canva application can improve studens’t mathematics learning outcomes with data obtained from 67.29 in the poor category to 84.17% in the good category.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin, A., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1161

Fitrianawati, M., Sintawati, M., Marsigit, & Retnowati, E. (2020). Developing ethnomatematics in geometry learning for elementary schools students: A preliminary design. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(1).

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. Inspiratif Pendidikan, 10(1).

Hera Erisa, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, & Albertus Saptoro. (2021). MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01). https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.20754

Intang, A. B., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Webbed Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-C SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1). https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1208

Kurniati, K., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.467

Mardyawati, H., Desain Pembelajaran dalam Menikatkan, P., Pendidikan Dan Studi Islam Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, J., & Dosen Universitan Islam Alauddin Makassar, M. (2018). PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam.

Mira Shodiqoh. M Mansyur. (2022). REAKTUALISASI PROJECT BASED LEARNING MODEL DALAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03). https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.134

Muhammad, M., Hamid, S., & Hamsiah, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo. Bosowa Journal of Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2641

Nettinawati, N., Yunus, M., & Burhan, B. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Gugus III Kota Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3841

Nikmah, N. H., & Andriani, A. E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2021).

Rizkia, R. F., & Aripin, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA. Transformasi Pendidikan Di Era Super Smart Society 5.0.

Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan Steam Melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2).

Sintawati, M., Fitrianawati, M., & Marsigit. (2019). Lesson study to improve competence of mathematics pre-service teacher in developing lesson plan based-on etnomathematics. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10).

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman Model Pembelajaran Sebagai Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1).

Sulifah, A. (2023). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Berbantuan Fitur Infografis Pada Canva Terhadap Keterampilan Menulis Teks Iklan Siswa SD Kelas V. Seminar Nasional Sosial Sains, 2.

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Fitrini, W. U. ., Yunus, M., & Hamid, S. (2025). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Di MIN 2 Kota Makassar Melalui Implementasi Project Based Learning Dengan Canva. Bosowa Journal of Education, 5(2), 327–333. https://doi.org/10.35965/bje.v5i2.5291

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>