Menilik Evaluasi Program Ketercapaian 24 Profil Leadership Curriculum Menggunakan Model CIPP di SDIT Ar-Rahmah Makassar

Authors

  • Jusriadi Kadir Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Rahmah Makassar
  • Muhammad Yunus Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Sundari Hamid Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5298

Keywords:

Evaluasi Program, CIPP, 24 Profil Leadership Curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Ketercapaian 24 Profil Leadership Curriculum Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) di SDIT Ar-Rahmah Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan penelitian kombinasi (mix methods). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi partisipan, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, data analisis juga menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi pada aspek konteks mengases latar belakang program, tujuan, dan relevansi visi misi sekolah dengan tujuan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tujuan 24 profil Leadership Curriculum di SDIT Ar-Rahmah Makassar adalah untuk menyasar 24 profil Leadership Curriculum. Hal ini sudah sesuai dengan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). (2) Evaluasi pada aspek input mengases kompetensi guru, sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Hasil evaluasi pada aspek ini sudah sesuai dengan PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendikbudristek No. 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan, dan Permendikbudristek No. 18 Tahun 2022 tentang Standar Pembiayaan Pendidikan. (3) Evaluasi pada aspek proses mengases persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi ketercapaian 24 profil Leadership Curriculum. Hasil evaluasi pada aspek ini menunjukkan bahwa pelaksanaan sudah sesuai dengan Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pendidikan dan Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan. (4) Evaluasi pada aspek produk mengases dampak, kelebihan, kekurangan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa ketercapaian 24 profil Leadership Curriculum sudah sesuai dengan tujuan program.

This study aims to evaluate the program Achievement of 24 Profiles of Leadership Curriculum Model Context, Input, Process, and Product (CIPP) at SDIT Ar-Rahmah Makassar. This research is program evaluation research with the CIPP model. The research approach used is a combination research approach (mix methods). The data collection methods used were participant observation, interviews, documentation, and questionnaires. Data analysis includes the process of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Then, data analysis also uses inferential statistics. The results showed that: (1) Evaluation in the context aspect assesses the program background, objectives, and the relevance of the school's vision and mission to the program objectives. The evaluation results show that the purpose of the 24 Leadership Curriculum profiles at SDIT Ar-Rahmah Makassar is to target the 24 Leadership Curriculum profiles. This is in accordance with Permendikbudristek No. 5 of 2022 concerning Graduate Competency Standards (SKL). (2) Evaluation in the input aspect assesses teacher competence, learner competence, facilities and infrastructure, and financing. The evaluation results in this aspect are in accordance with Government Regulation No 19 of 2005 on National Education Standards, Minister of Research and Technology Regulation No 22 of 2023 on Education Facilities and Infrastructure Standards, and Minister of Research and Technology Regulation No 18 of 2022 on Education Financing Standards. (3) Evaluation on the process aspect assesses the preparation, implementation, and evaluation of the achievement of the 24 Leadership Curriculum profiles. The results of the evaluation in this aspect show that the implementation is in accordance with Permendikbudristek No. 16 of 2022 concerning Education Process Standards and Permendikbudristek No. 21 of 2022 concerning Education Assessment Standards. (4) Evaluation of the product aspect assesses the impact, strengths and weaknesses of the program. The evaluation results show that the achievement of the 24 Leadership Curriculum profiles is in accordance with the program objectives.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A., Sari, M., Nasution, N. U., Siraj, M. S., Efendi, R., & Wardani, W. (2022). Konsep Evaluasi Program Supervisi Pendidikan di MTs Al-Khairiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4471

Anwar, S. (2021). Integrasi Keilmuan Prespektif M. Amin Abdullah dan Imam Suprayogo. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1).

Badrun Fawaidi. (2022). Pengembangan Kurikulum Visi Dan Misi Madrasah Di Era Industri 4.0. SIRAJUDDIN: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.382

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.

Destrianto, K., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2).

Dewantara, J. A., Rustiyarso, R., & Afandi, A. (2022). Survei Minat Dan Motivasi Guru Ilmu-Ilmu Sosial Studi Lanjut Pada Program Studi Magister Pendidikan Sosiologi FKIP Untan Pontianak. Integralistik, 33(2). https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i2.36596

Imtinan, N. F. (2021). Gaya Kepemimpinan dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.189-197

Ismail, M. (2021). Integrasi Keilmuan dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 18(1). https://doi.org/10.33096/jiir.v18i1.124

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Kariyadi, D., & Suprapto, W. (2017). MEMBANGUN KEPEMIMPINAN BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2). https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Mania, S., Saputri. S, D., & Ismail, Muh. I. (2023). EVALUASI PROGRAM LEADERSHIP CURRICULUM MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SDIT AR-RAHMAH MAKASSAR. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 15(1). https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.852

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Mukarromah, L., Ibrahim, M. M., & Saprin, S. (2023). Evaluasi Program Character Building Berbasis Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) di Sekolah Alam Insan Kamil Kabupaten Gowa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(02). https://doi.org/10.26618/jtw.v8i02.9368

Rahman, A., Saragi, D., & Yus, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Animasi Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas Vi Sd Negeri 101927 Sekip Kecamatan Lubuk Pakam. Repository Universitas HKBP Nommensen.

Riris Amelia, Ahmad Irkham Saputro, & Eri Purwanti. (2022). INTERNALISASI KECERDASAN IQ, EQ, SQ DAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PENDEKATAN PSIKOLOGIS). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(02). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i02.232

Rosela, & Gunansyah, G. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5).

Utari, D., & Muadin, A. (2023). PERANAN PEMBELAJARAN ABAD-21 DI SEKOLAH DASAR DALAM MENCAPAI TARGET DAN TUJUAN KURIKULUM MERDEKA. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 6(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2).

Yahya, M. S. (2019). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDIT IMAM SYAFITMI PETANAHAN KEBUMEN. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2). https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3065

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Kadir, J., Yunus, M., & Hamid, S. (2024). Menilik Evaluasi Program Ketercapaian 24 Profil Leadership Curriculum Menggunakan Model CIPP di SDIT Ar-Rahmah Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(1), 131–136. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5298

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>