Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Kelas I UPT SPF SDN Sumanna Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5299Keywords:
Penggunaan Media Puzzle, Kemampuan Membaca, Kemampuan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I di UPT SPF SDN Sumanna, Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan Pre-Experimental Design, spesifiknya One-Group Pretest-Posttest Design. Metode ini dilakukan dengan memberikan pretest sebelum perlakuan (treatment) dan posttest setelah perlakuan (treatment) untuk mengetahui efek penggunaan media puzzle terhadap kemampuan literasi dasar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji hipotesis t-test paired yang diolah menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest dalam kemampuan membaca dan menulis siswa setelah penggunaan media puzzle. Nilai membaca meningkat sebesar 10.65%, dan nilai menulis meningkat sebesar 9%. Nilai signifikansi yang sangat kecil (p < 0.001) menunjukkan bahwa peningkatan ini sangat signifikan secara statistik. Temuan ini tidak hanya memperlihatkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas I, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam mengembangkan metode pembelajaran kreatif yang dapat meningkatkan keterampilan literasi dasar dalam konteks pendidikan dasar di Indonesia. Penggunaan media puzzle dapat menjadi alternatif inovatif yang meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
This study aims to examine the effect of using puzzle media on the reading and writing abilities of first-grade students at UPT SPF SDN Sumanna, Makassar City. The research employs an experimental design with a Pre-Experimental Design approach, specifically the One-Group Pretest-Posttest Design. This method involves administering a pretest before the treatment and a posttest after the treatment to assess the impact of puzzle media on students' literacy skills. Data analysis was conducted using prerequisite tests (normality and homogeneity) and hypothesis testing with paired t-tests, using SPSS 25 for Windows. The analysis results show a significant difference between pretest and posttest scores in reading and writing abilities after the use of puzzle media. Reading scores increased by 10.65%, and writing scores increased by 9%. The very small significance value (p < 0.001) indicates that this improvement is statistically significant. These findings not only demonstrate that puzzle media can enhance the reading and writing skills of first-grade students but also contribute significantly to the development of creative teaching methods that can improve basic literacy skills in the context of primary education in Indonesia. The use of puzzle media presents an innovative alternative that enhances learning effectiveness and engages students more actively in the learning process.
Downloads
References
Abdulrahman, dr mulyono. (2010). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka CiptaMulyono, A. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 33339. Https://Doi.Org/10.1016/j.Jcjo.2015.03.008.
Arina, D. T. (2021). Pengaruh Metode PQRST Berbantuan Media Puzzle Kalimat Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Borobudur Educational Review, 1(02). https://doi.org/10.31603/bedr.5640
Asrori, M., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Peningkatan Keterampilan Menulis di SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4).
Bahar, B., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8446
Dhieni, Nurbiana, & Dkk. (2022). Metode pengembangan bahasa. In Metode pengembangan bahasa.
ERNIS, P., & Hazmi, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem melalui Media Puzzle Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Journal of Elementary School (JOES), 4(1). https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2202
Fauziah, H., & Hidayat, M. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Belajar ”Ayo Belajar Membaca” dan ”Marbel Membaca” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2944
Futihat, S., Wibowo, E. W., & Mastoah, I. (2020). Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(2).
Hayati, I. A., & Yamin, Y. (2023). Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerita Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3043
Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1). https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.519
Khomsoh, R., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Manu Wedham, I. W. B., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 JAGARAGA. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2843
Novibriawan, F. (2023). Literature Review: E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 2(2). https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.38
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pahlavi, iva kurnia A. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan menggunakan media puzzle huruf untuk siswa kelas i. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun Ke-9, 2(9).
Rahmawati Matondang, dkk. (2021). Ragam Media Pembelajaran Di Sd/Mi Untuk Pembelajaran Ppkn. Batu. In Literasi Nusantara.
Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042
Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01). https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941
Tedy, T., Stevani, R., Tamara, R., & Yuliani, Y. (2023). Teknik Pembacaan Media Puzzle Huruf di Sekolah Dasar Kalimantan Tengah. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i2.1891
Tridiastita, R., Syamsuyurnita, S., Sari, S. P., & ... (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Jurnal Pendidikan …, 7.
Yulianti Ambarayani, D. luthfi fathan. (2018). Efektivitas Pembelajaran Remedial Dengan Media Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1–5 Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isnaini Rahmi, Asdar Asdar, Rahmaniah Rahmaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.