Implementasi Literasi Numerasi Pada Materi Diagram Batang, Diagram Garis Dan Diagram Lingkaran Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V Di UPT SPF SD Negeri Mongisidi II Makassar
DOI:
https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5310Keywords:
Implementasi Literasi Numerasi, Diagram, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi mengenai materi diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Mongisidi II, mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan literasi numerasi siswa dalam memahami materi tersebut; dan mengetahui penanganan yang diterapkan untuk mengatasi masalah kemampuan literasi numerasi pada materi diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas V di SD Negeri Mongisidi II Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperiksa dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah memahami materi diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Namun, terdapat beberapa faktor yang menghambat kemampuan literasi numerasi siswa, seperti kesulitan dalam menerjemahkan soal bacaan ke dalam diagram, serta kebingungan dalam menentukan data yang dibagi sama besar berdasarkan nilai data. Ketika data yang disajikan banyak, siswa sering merasa bingung dalam membagi data dengan tepat. Oleh karena itu, siswa perlu fokus dan teliti agar dapat memahami materi dengan lebih baik.
This study aims to: (1) determine the numeracy literacy skills related to bar charts, line charts, and pie charts in mathematics learning for grade V students at UPT SPF SD Negeri Mongisidi II; (2) identify the factors that hinder students' numeracy literacy skills in understanding these topics; and (3) examine the strategies applied to address issues in numeracy literacy regarding bar charts, line charts, and pie charts. This research uses a qualitative approach with a descriptive design. The subjects of this study were 6 grade V students from SD Negeri Mongisidi II Makassar. Data collection techniques included observation, in-depth interviews, and documentation. Data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing steps. Data validity was verified through triangulation of techniques and sources. The results show that students have a basic understanding of bar charts, line charts, and pie charts. However, several factors hinder their numeracy literacy, such as difficulties in translating reading problems into charts, and confusion in determining how to divide data equally based on its value. When large datasets are presented, students often find it challenging to divide the data correctly. Therefore, students need to focus and be more careful to better comprehend the material.
Downloads
References
Aini, Q., Hartawan, I. G. N. Y., & Astawa, I. W. P. (2019). Pengaruhmodel Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19907
Alimi, F. O., Tella, A., Adeyemo, G. O., & Oyeweso, M. O. (2020). Impact Of Mother Tongue On Primary Pupils’ Literacy And Numeracy Skills In Osun State. International Online Journal of Primary Education, 9(2).
Cokely, E. T., Galesic, M., Schulz, E., Ghazal, S., & Garcia-Retamero, R. (2012). Measuring risk literacy: The berlin numeracy test. Judgment and Decision Making, 7(1). https://doi.org/10.1017/s1930297500001819
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902
Goos, M. (2004). Learning mathematics in a classroom community of inquiry. In Journal for Research in Mathematics Education (Vol. 35, Issue 4). https://doi.org/10.2307/30034810
Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What Mathematics Education May Prepare Students for the Society of the Future? International Journal of Science and Mathematics Education, 15. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9814-6
Haerudin. (2018). Pengaruh literasi numerasi terhadap perubahan karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1A).
Laub, J. A. (1999). Assessing the servant organization; Development of the Organizational Leadership Assessment (OLA) model. Dissertation Abstracts International,. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(2).
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Rachmawati, D. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sd Islam Darul Huda Genuk Semarang. Jurnal IImiah IImu Pendidikan.
Saja’ah, U. F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2). https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10866
Wright, P. (2017). Critical relationships between teachers and learners of school mathematics*. Pedagogy, Culture and Society, 25(4). https://doi.org/10.1080/14681366.2017.1285345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Misnawati Misnawati, Agustinus Jarak Patandean, Rahmaniah Rahmaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.