Implikasi Aplikasi Emis Dan Simpatika Terhadap Kualitas Administrasi Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Iin Muthiah K Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pannampu
  • Mas'ud Muhammadiah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Rahmaniah Rahmaniah Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5324

Keywords:

Aplikasi EMIS, Aplikasi SIMPATIKA, Administrasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dari Implikasi Aplikasi EMIS dan SIMPATIKA terhadap Kualitas Administrasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Mix Method (kuantitatif dan kualitatif). Sampel penelitian adalah operator madrasah, pendidik, dan tenaga kependidikan yang berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan pengumpulan dokumentasi yang dianalisis dengan analisis data korelasi product moment untuk data yang bersifat kuantitatif, dan analisis data Miles and Huberman untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi dari implikasi aplikasi EMIS terhadap kualitas administrasi peserta didik dan aplikasi SIMPATIKA terhadap kualitas administrasi pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan hasil analisis data senilai 0,984 dan 0,599 dengan kriteria masing-masing sangat kuat dan sedang.

This research aims to determine the correlation of the implications of the EMIS 4.0 and SIMPATIKA applications on the quality of educational administration in Madrasah Ibtidaiyah. This type of research is Mix Method research (quantitative and qualitative). The research sample was 48 madrasah operators, educators and education staff. The data collection techniques used in this research were observation, interviews, distributing questionnaires, and collecting documentation which was analyzed using product moment correlation data analysis for quantitative data, and Miles and Huberman data analysis for analyzing qualitative data. The research results show that there is a correlation between the implications of the EMIS application on the quality of student administration and the SIMPATIKA application on the administrative quality of educators and education staff based on the results of data analysis of 0.984 and 0.599 with very strong and moderate criteria respectively.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto & Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fattah, Nanang. 2014. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Davis, Gordon B & Margrethe H Olson. 1985. Management Information Systems: Conceptual Foundations, Structure, and Development. New York: McGrow Hill.

Griffin, Ricky W. 2002. Management. Boston: Houghton Mifflin Company.

Hadijaya, Yusuf. 2012. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Perdana Publishing.

Hamiyah, Nur & Muhammad Jauhar. 2015. Pengantar Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hasibuan, Malayu S. P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati, Tuti. 2020. Administrasi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MIN 1 Kapuas. Tesis. Palangkaraya: Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.

Imron, Ali. 2012. Administrasi Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2020. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7233 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi. Jakarta.

Kompri. 2017. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniadin, Didin & Imam Machali. 2014. Administrasi Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Machali, Imam. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka An-Nur.

Marihandono, Djoko., dkk. 2017. Perjuangan Ki Hajar Dewantara: dari Politik ke Pendidikan. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miles, Matthew B & A Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mubarak. 2019. Implementasi Sistem Informasi dan Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SIMPATIKA) dalam Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Madrasah di Kantor Kementerian Agama Kota Binjai. Tesis. Medan: Universitas Medan Area.

Ningrum, Fadhlika Cahya. 2022. Pemanfaatan EMIS sebagai Langkah Pengambilan Keputusan, Pengembangan SDM, dan Pengendalian untuk Peningkatan Mutu Lulusan di MAN 1 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Nurochim. 2016. Administrasi Pendidikan. Bekasi. Gramata Publishing.

Rainer, Kelly & Casey Cegielski. 2011. Introduction to Information Systems. New Jersey: John Wiley and Sons.

Ramlawati. 2020. Total Quality Management. Makassar: Nas Media Pustaka.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sahroni, Mahmud. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Bandar Lampung. Disertasi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Muthiah K, I., Muhammadiah, M., & Rahmaniah, R. (2024). Implikasi Aplikasi Emis Dan Simpatika Terhadap Kualitas Administrasi Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Bosowa Journal of Education, 5(1), 85–89. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5324

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>