EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI SULAWESI SELATAN

Authors

  • Andi Taufik Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan
  • Syamsul Bahri Program Studi Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa
  • Juharni Juharni Program Studi Administrasi Negara, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa

Keywords:

Efektivitas, Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan, dan menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, yang dilaksanakan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan, berlangsung selama 3 bulan (April s/d Juni 2022). Populasi adalah masyarakat yang mengurus perizinan selama tahun 2021 sebanyak 8.007 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dan tehnik simple random sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 99 orang. Tehnik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan tabulasi dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perizinan pada DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan berada dalam kategori sangat efektif yang terkait dengan optimalisasi kinerja sumberdaya aparatur lingkup DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan dengan kejelasan tujuan yang ingin dicapai. Sementara indeks kepuasan masyarakat semua berada dalam kategori baik, dengan tingkat persepsi yang tinggi adalah persyaratan dan perilaku petugas dimana kategori baik lebih pada kepuasan yang dirasakan masyarakat dalam rentetan proses pengajuan perizinan hingga terbitnya perizinan. Melalui uji regresi linear menunjukkan hasil positif namun tidak signifikan sehingga korelasi dari kedua variabel tersebut tidak menunjukkan hubungan yang nyata.

The research aims to: 1) analyze the effectiveness of licensing services at One-Stop Integrated Licensing and Investment Service of South Sulawesi Province, and 2) analyze Community Satisfaction Index for licensing services at One Stop Integrated Licensing and Investment Service of South Sulawesi Province. The research is a quantitative type, it was carried out at the One-Stop Integrated Investment and Licensing Service of South Sulawesi Province, lasted for 3 months (April to June 2022). The population is people who take care of licensing during 2021 as many as 8,007 people. Sampling was carried out using Slovin’s formula and simple random sampling technique, and obtained a sample of 99 people. Data collection techniques through questionnaires and documentation while data analysis using tabulation and linear regression. The results of this research showed that the effectiveness of licensing services at the One-Stop Integrated Investment and Licensing Service of South Sulawesi Province in very effective category, it related to optimizing the performance of apparatus resources within with clear objectives to be achieved. While, the community satisfaction index is all in good category, with a high level of perception is the requirements and behavior of officers where good category is more on the satisfaction felt by the community in the series of licensing application processes until the issuance of permit. Through linear regression showed positive results but not significant so that the correlation of variables did not show a real relationship

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akadun. (2009). Teknologi Informasi Administrasi. Alfabeta. Bandung

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta.

Nuriyanto. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia , Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?, Jurnal Konstritusi, Vol. 11 No. 3, Hlm. 432-433

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta.

Mahsun, M. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Muliani, M., Kusmanto, H., & Fauzan, I. (2022). Kualitas pelayanan publik bidang perizinan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu Provinsi Sumatera Utara. Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora, 1(2), 132-141.

Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Ridirio, S. N. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Batu. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 166-172.

Siagian, Sondang P. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kesebelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Sinambela Poltak, Lijian. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Teori Kebijakan dan Implementasi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Widodo. (2005). Membangun Budaya Birokrasi untuk Good Govermance, Makalah disampaikan pada.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Taufik, A. ., Bahri, S. ., & Juharni, J. (2022). EFEKTIVITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI SULAWESI SELATAN. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 5(1), 28–34. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/paradigma/article/view/1936