KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA KANTOR KELURAHAN SIDODADI KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Keywords:
Kinerja, Layanan, PublikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas layanan publik di Kantor Keseluruhan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, terutama dalam hal izin konstruksi bangunan (IMB) dan Mengetahui serta menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi layanan publik di Sidodadi secara Keseluruhan Kantor, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar khususnya dalam hal mengatur izin bangunan (IMB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan menggali fakta tentang kualitas pelayanan publik di Desa Sidodadi. Informan penelitian terdiri dari kepala desa, sekretaris dan staf desa dan masyarakat, sehingga total informan dalam penelitian ini adalah 13 orang. Hasil dari penelitian ini adalah: Kualitas pelayanan publik di Desa Sidodadi cukup baik. Hal ini konsisten dengan hasil wawancara dengan lima aspek kualitas layanan, yaitu: Tangibility, Reability, Responsiviness, Assurance, dan Empaty (Empathy) memperoleh hasil yang memuaskan, kecuali untuk fasilitas berupa ruang parkir sempit dan ruang tunggu adalah sedikit panas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kinerja layanan terdiri dari faktor kemampuan dan fasilitas infrastruktur.