ANALISIS KINERJA APARATUR PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN DAN PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DPMPTSP KABUPATEN BULUKUMBA

Authors

  • Subarling Subarling Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba
  • Andi Rasyid Pananrangi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa
  • Syamsul Bahri Program Studi Ilmu Administrasi Negara Program Pascasarjana Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.347

Keywords:

Analisis Kinerja, Pelayanan, Pembangunan, IMB, Bulukumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menginterpertasi peningkatan mutu pelayanan perizinan khususnya pemberian izin mendirikan bangunan di Kab.Bulukumba. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana data diperoleh dari sejumlah informan baik pemberi layanan (Petugas) maupun penerima layanan (Masyarakat). Hasil penelitian mengenai kinerja aparatur pelayanan yang diterapkan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba menunjukkan kinerja aparatur pelayanan Aparatur Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba terkait sikap dan perilaku dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bulukumba atas pengurusan dan penerbitan Izin Mendirikan Bangunan Pelaksananaannya telah baik namum belum sempurna dan perlu di tingkatkan lagi.  

Study aims to analyze and interpret the improvement of the quality of licensing services, especially granting building permits in the Regency of Bulukumba. This research is descriptive using a qualitative approach in which data is obtained from a number of informants, both service providers (officers) and service recipients (community). The results of the research regarding the performance of the public service apparatus applied at the Investment and One-Stop Integrated Services Office of Bulukumba Regency shows that the performance of the public service apparatus of the Investment and One-Stop Integrated Services Office of Bulukumba Regency related to attitudes and behavior in providing services to the community in Bulukumba Regency for the management and issuance of Building Permits for the implementation has been good but not yet perfect and needs to be improved.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adaddanuarta.2014. Kinerja Karyawan Menurut Para Ahli, Nopember 2014 Availabel from: http://adaddanuarta.blogspot.com/2014/11/kinerja-karyawan-menurut-para-ahli.html. Diakses tanggal 19 Agustus 2019

Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ariany, R., & Putera, R. E. (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(1), 33. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i1.364

Azlina, N., & Amelia, I. (2015). Pengaruh Good Governance Dan Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 12(2), 32. https://doi.org/10.19184/jauj.v12i2.1409

Buku Informasi Kajian Pemetaan Potensi Daerah Kabupaten Bulukumba Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba Tahun 2018

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 26 Tahun 2004 Tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas dalam Penyelengaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Laporan Kegiatan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba tahun 2018.

Lukman, L. (2015). Red Tape Dan Perilaku Masyarakat Dalam Pelayanan Izin Usaha Perdagangan Di Kota Makassar. JAKPP?: Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik, 1(1), 5–16.

Mouw, E. (2013). Kualitas Pelayan Publik di Daerah. Jurnal UNIERA, 2(2), 92–103.

Nubatonis, S. E., Rusmiwari, S., Suwasono, S., Studi, P., Administrasi, I., & Tunggadewi, U. T. (2014). Implementasi Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 16–20.

S.P,Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-01-09

How to Cite

Subarling, S., Pananrangi, A. R., & Bahri, S. (2021). ANALISIS KINERJA APARATUR PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN DAN PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DPMPTSP KABUPATEN BULUKUMBA . Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 2(2), 94–99. https://doi.org/10.35965/jpan.v2i2.347

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>