PENGUKURAN UNJUK KERJA SISTEM INFORMASI AKADEMIK
STUDI KASUS: PORTAL NEOSIA FAKULTAS TEKNIK UNHAS
Keywords:
Manajemen Pelayanan, Sistem Informasi Akademik, Analisis Keandalan, NeosiaAbstract
Sistem Informasi akademik menjadi sebuah fasilitas penting yang dimiliki oleh setiap institusi pendidikan saat ini. Perkembangan teknologi informasi semacam ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan proses manajemen akademik yang dapat berdampak pada kualitas sistem dan pelayanan yang diberikan. Universitas Hasanuddin menggunakan sistem informasi akademik yang dinamakan Neosia sejak 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pelayanan akademik pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melalui analisis keandalan dan empati admin serta analisis permasalahan pengguna dari sisi mahasiswa dan dosen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis masalah berdasarkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun sumber data dan informasi yaitu dari staff administrasi, dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sebagai pengguna layanan Neosia. Pengolahan data dilakukan dengan menguraikan data melalui dimensi E-SERVQUAL (Electronic Service Quality). Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja fungsi Neosia sebagai sistem informasi akademik sudah baik. Selain itu, keandalan admin dalam pelayanan portal Neosia pun secara keseluruhan sudah baik walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh admin Portal Neosia baik mahasiswa, dosen maupun administrasi akademik terkait kedisiplinan dalam penggunaan sistem secara umum.
The academic information system has become a vital facility owned by every educational institution. The development of this kind of information technology is essential in managing the academic management process, which can impact the quality of the system and services provided. Hasanuddin University has used an academic information system called Neosia since 2009. This study aims to optimize academic services at the Faculty of Engineering, Hasanuddin University, through reliability analysis and admin empathy and user problems from the students’, lecturers', academic administrations’ sides. The type of research used is descriptive qualitative with problem analysis based on primary and secondary data. Data collection techniques used are observation and interviews. The sources of data and information are from administrative staff, lecturers, and students of the Faculty of Engineering, Hasanuddin University, as users of Neosia services. Data processing is done by describing the data through the dimensions of E-SERVQUAL (Electronic Service Quality). The results of the analysis of this study indicate that the performance of Neosia's function as an academic information system is good. In addition, the reliability of the admin in the Neosia portal service is overall good. However, some things need to be considered by the Neosia Portal admin, both students, lecturers, and academic administration related to discipline in the use of the system in general.
Downloads
References
Alsa, A. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fuad, A.,, & Harisum, E. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik (Simak) Di Program Studi Informatika. Jurnal Informatika Dan Komputer, 2(1), 1–5. Https://Doi.Org/10.33387/Jiko.V2i1.1041.
Lusi, R, & Narimo. S. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Ketersediaan Sarana Akademik Biro Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015. Surakarta: Repositori Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Marlius, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Stie Kbp. Jurnal Ipteks Terapan, 12(2), 116. Https://Doi.Org/10.22216/Jit.2018.V12i2.633.
Maula, I’anatul. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Moleong, J. L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rudini, A. (2013). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Pelayanan Sia Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIE Sampit TA. 2014-2015). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Salsabila, H. A., & Iriyadi, I. . (2020). Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Dan Keuangan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(2), 137. https://doi.org/10.36339/Jaspt.V4i2.348.
Satori, D, & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Setiarini, A., Ghozi, S, & Suriana, I. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Politeknik Negeri Balikpapan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 77. Https://Doi.Org/10.32487/Jshp.V1i1.237.
Sugiyono. (2012). Metodologi penelitian kombinasi (mix method). Bandung: Alfabeta.
Vanessa, Gaffar. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta
Widodo. (2008). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: Rajawali Pres.
Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syamsiah Syamsiah, Andi Rasyid Pananrangi, Syamsuddin Maldun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.