MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PKN

IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CITIZENSHIP EDUCATION MATERIALS

Authors

  • Sukarman UPBJJ-UT Makassar

Keywords:

Pembelajaran Jigsaw, Minat Siswa, Prestasi Belajar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa presentase tingkat keaktivan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memang sudah baik (80) dan siklus 1 pertemuan 2 meningkat 90, namun hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan yang merupakan hasil refleksi siklus 1.
Ada perubahan yang cukup menggembirakan setelah dilakukan perbaikan, yaitu pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 96,25 tetapi hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan hasil refleksi siklus 3 tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 100%. Artinya, semua siswa dalam kelompok bekerja sama, aktif, dinamis, penuh kebersamaan sehingga dapat mengerjakan tugas kelompoknya dengan baik.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan minat dan prestasi belajar karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis terhadap suatu pokok permasalahan dan menemukan suatu konsep secara langsung dari hasil analisis.

Downloads

Published

2021-10-28