PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
PROBLEMATIC CITIZENSHIP EDUCATION LEARNING METHOD
Keywords:
Problematika, Pembelajaran PKn, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstract
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, pembelajaran PKn diarahkan untuk membentuk warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak- hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara yang baik, cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP Dimensi Pembangunan Makassar ditegaskan bahwa mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut: (1) Berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, (2) Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi, (3) Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter. Karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain, dan (4) Berinteraksi dengan bangsa- bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
References
Combs, Arthur W.1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc, Boston.
Darajat, Zakiyah. 2001. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Darmadi, H. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Mursell, James L, 1954. Succesful Teaching, New York: Me Graw-Hill Company,
Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Masalah Problematika Belajar Mengajar. Bandung, CV.Alvabeta
Sumantri, Mulyani dan Permana, Johar. 2001. Strategi Belajar Melajaran. Bandung: CV. Maulana.
Wetherington H.C and W.H Walt Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar (terjemahan). Bandung: Jemmars.