Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Negeri 22 Makassar

Authors

  • Syamsul Wahid Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v24i2.4708

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berpikir kritis. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 22 Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes keterampilan berpikir kritis pada materi suhu dan kalor berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis yaitu dengan menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh didapatkan  <  (-20,080 < 2,055), maka hipotesis utama ( ) diterima dan Hipotesis alternatif ( ) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kritis bagi peserta didik di Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar.

This research is pre-experimental research which aims to analize whether there are differences in critical thinking skills for students who are taught using the project-based learning model and the interaction of the project-based learning model on critical thinking skills for students. The independent variable in this research is project-based learning, while the dependent variable is critical thinking skills. The sample in this research were class XI Senior High School 22 Makassar. The research data was obtained by giving a critical thinking skills test on temperature and heat material in the form of a pretest and posttest. The data analysis technique for testing the hypothesis is by using a paired sample t-test. Based on the results of inferential statistical analysis,  <  (-20.080 < 2.055), then the main hypothesis ( ) is accepted and the alternative hypothesis ( ) is rejected, so it can be concluded that there is a significant difference in critical thinking skills between students are taught using project-based learning and there is an interaction of the project-based learning model on critical thinking skills for students at Class XI Senior High School 22 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiken. 1985. Three coefficients for analyzing the reliability and validityof ratings, Educational and Psychological Measurument, 45(1), 131-142. doi: http://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Akshir. 2007. Critical Thinking: A Famili Resemblance in Conceptions. Journal of Education and Human Development, 1(2), 11-23.

Ali, S., & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Ani, Rusilowati. 2013. Peningkatan literasi sains siswa melalui pengembangan instrumen penilaian. Pidato pengukuhan profesor bidang evaluasi pendidikan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ardianto, D., & Rubini, B. 2016. Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu. UNNES Science Education Jurnal 5(1), 1167-1174.

Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

……. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bybee Ar, & Mccrae. 2011. Scientific Literacy and Student Attitudes. International Journal of Science Education, 33(1).

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Erickson and Bern. 2001. Contextual Teaching and Learning. Journal of Economy, 2.

Haris, N. A. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMAN 1 di Kota Tarakan.

Helendra & Sari, D. R. 2021. Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang materi sistem ekskresi dan sistem pernapasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1).

Hidayah, N., Rusilowati, A., & Masturi, M. 2019. Analisis profil kemampuan literasi sains siswa SMP/MTs di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 36-47.

Johnson, Elaine. 2009. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center

Kemdikbud, 2013. Permendikbud RI No 66 Tahun 2013. Jakarta: Kemdikbud

……. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurrohman, A. 2014. Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indramalaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. 2015. Setting The Standard for Project Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. ASCD

Lieska, Irdayanti. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018. Tulungagung: Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung

Liliasari. 2011. Membangun Masyarakat Melek Sains dan Berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran. Bandung: UPI Seminar Nasional.

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Miller, J. D. 2002. Civic Scientific Literacy: A Necessity in the 21st Century. FAS Public Interest Reports, 5(1).

Murwani, Elika Dwi. 2006. Peran Guru dalam Membangun Kesadaran Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6). Jakarta: Kepala Jenjang SMAK BPK Penabur

Najla. 2016. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Gaya Belajar 153 Accomodator Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Universitas Jambi.

OECD. 2015. Draft Science Framework. Paris: OECD Publishing.

Oktiyani, Hanumi. 2007. Analisis Keterampilan berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI pada pembelajaran sistem koloid melalui metode praktikum dengan menggunakan bahan sehari-hari. Bandung: UPI Bandung

Pantiwati & Husamah. 2014. Analisis kemampuan literasi sains siswa SMP Kota Malang.

Prabowo. 2016. Kesejahteraan Psikologi Remaja Di Sekolah II. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Program for International Student Assessment (PISA). 2015. PISA Result in focus. OECD.

Rahma. 2017. Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pembelajaran Socrates Konstektual Di SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sampurno, Agus. 2000. Penerapan Metode Belajar Aktif dan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: PT. Rinieka Cipta

Setiawan, A. R. 2019. Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik (Assessment for Ecological Learning with Scientific Literacy Oriented). Indonesian Journal of Biology Educatioan 7620(2).

Sudiarta. 2005. Pengembangan Kompetensi Berpikir Divergen dan Kritis melalui Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No 3 TH XXXVIII Juli 2005 ISSN 0215 - 8250

Sudjana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulianto, Azizah. 2018. Analisis Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1).

Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suparno, Paul. 2001. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Dharma.

Susetyo, B. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis Tes. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sutrisno, Joko. 2010. Menggunakan Keterampilan berpikir untuk meningkatkan Mutu Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Project Based Learning Research. Edutopia online

Thomas. 2000. A Review of Research on Project Based Learning. Journal The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California 94903.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: PT Pustaka Pubhlisher

Uus, Toharuddin. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta DIdik. Bandung: Humaniora.

Wada, F.H. 2024. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Jambi: PT. Sonpedia Publisihing Indonesia

Widoyoko, F. P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Winkel. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zuriyani, E. 2011. Literasi sains dan pendidikan. Jurnal Sains Dan Pendidikan, 13(45).

Downloads

Published

2024-08-31