Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v25i2.7030Keywords:
Hasil Belajar, Metode Survei, Penelitian Kuantitatif, Praktikum Fisika DasarAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata kuliah praktikum fisika dasar di Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode survei yang bersifat deskriptif untuk memperoleh data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Jurusan Fisika angkatan 2023/2024 yang saat ini berada pada semester 3 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 97 orang. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai hasil belajar mata kuliah praktikum fisika dasar di Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar mayoritas berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase mencapai 87%. Faktor nilai hasil belajar sangat tinggi ini karena mahasiswa mencapai pemahaman yang mendalam saat praktikum fisika dasar dilaksanakan, mahasiswa bisa mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meraka mampu membangun tanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri.
This research aims to determine the learning outcomes in the fundamental physics practicum course in the Physics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Makassar State University. This type of research is quantitative research with a descriptive survey method to obtain data. The population in this research were all students in the Physics Department, class of 2023/2024 who are currently in the 3rd semester, consisting of 4 classes with a total of 97 students. The total sample in this research was 97 people. The sampling technique in this research used saturated sampling. The variable in this research was learning outcomes. The data obtained showed that the learning outcomes of the basic physics practicum course in the Physics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Makassar State University were mostly in the very high category with a percentage reaching 87%. The factor of this very high learning outcome value is because students achieve a deep understanding during the basic physics practicum, students can develop critical thinking skills, and they can build responsibility for their own learning process.
Downloads
References
Anderson, Lorin & krathwol. 2010. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (edisi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Magdalena, I., Hadana, N., F. & Raafiza, P. 2020. Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains: Bintang. 2(2), 244-257. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986
Mendrova, K., N., Amin, F. & Pardomuan, S. 2023. Analisis hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2188-2197. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2553
Nopriyanti, T., D. & Allen, M., R. 2018. Analisis hasil belajar mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar di Universitas PGRI Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53-63. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2498
Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Fajar, H. (2021). Pengelolaan waktu dan prestasi akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 45-60.
Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, A. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Sugiyono. (2020). Statistika untuk penelitian.
Bandung: Alfabeta.
Syamsul, W. 2025. Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Ilmiah Ecosystem. 25(1), 168-176. https://doi.org/10.35965/eco.v25i1.5818
Zaharah, Mangudor, Z. 2023. Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(3), 139-150. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28659
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syamsul Wahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










