Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika

Authors

  • Syamsul Wahid Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i1.5818

Keywords:

Hasil Belajar, Project Based Learning, Statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata kuliah statistika Jurusan Fisika FMIPA UNM. Jenis penelitian yaitu penelitian survei yang bersifat deskriptif untuk memperoleh data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Jurusan Fisika angkatan 2023/2024 yang saat ini berada pada semester 3 yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 93 orang. Total sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai hasil belajar mata kuliah statistika Jurusan Fisika FMIPA UNM mayoritas berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase mencapai 90%. Faktor nilai hasil belajar sangat tinggi karena mahasiswa memahami materi yang diberikan oleh dosen dengan sangat baik, motivasi belajar yang kuat dan strategi belajar yang efektif yang diterapakan Model pembelajaran yang digunakan oleh dosen pada mata kuliah statistika di Jurusan Fisika FMIPA UNM ini adalah model Project Based Learning (PjBL).

This research aims to determine the learning outcomes in the statistics course at the Physics Department, FMIPA UNM. The type of research is descriptive survey research to obtain quantitative data. The population in this research were all students in the Physics Department, class of 2023/2024 who are currently in semester 3, consisting of 4 classes with a total of 93 students. The total sample in this research was 65 people. The sampling technique in this research used purposive sampling. The variable in this research was learning outcomes. The data obtained showed that the learning outcomes of the statistics course at the Physics Department, FMIPA UNM, were mostly in the very high category with a percentage reaching 90%. The learning outcome value factor was very high because students understood the material given by the lecturer very well, had strong learning motivation and applied effective learning strategies. The learning model used by lecturers in the statistics course at the Physics Department, FMIPA UNM is the Project Based Learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Lorin & krathwol. 2010. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (edisi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, D. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. 3(1), 24- 44.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hastings, R. (2019). Statistika untuk pemula: Konsep dan aplikasi. Jakarta: Penerbit XYZ.

Lestari, Dewi. 2018. Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Fisika Berdasarkan Jalur Masuk (SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri) Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). 14(3), 15-25.

Nugroho, B. (2022). Strategi belajar efektif di perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(3), 78-89.

Putra, A. (2020). Evaluasi metode pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 8(2), 101-114.

Sari, Y. (2021). Pendekatan aktif dalam pembelajaran statistika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 55-70.

Halim, A. (2021). Evaluasi hasil belajar dalam pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 112-125.

Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Fajar, H. (2021). Pengelolaan waktu dan prestasi akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 45-60.

Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2020). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahid, Syamsul. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 9 Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem. 23(3), 774-785.

Wahyuni, L. (2022). Motivasi belajar dan dampaknya terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan, 6(4), 102-110.

Zulkifli, M. (2023). Inovasi dalam pendidikan statistika. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 34-50.

Downloads

Published

2025-04-30