Analisis Kerusakan Jalan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Bua – Toraja Kecamatan Bastem Utara Kabupaten Luwu Dengan Metode Surface Distress Index

Authors

  • Olha Marampa Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma Palopo
  • Indrajaya Indrajaya Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma Palopo
  • Sudirman Sudirman Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v24i2.4723

Keywords:

Kerusakan Jalan, Perkerasan Lentur, Indeks Kerusakan Permukaan

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada lokasi Jalan Bua – Toraja merupakan salah satu jalan alternatif yang menghubungkan wilayah Luwu dan Toraja. Jalan tersebut tepatnya berada di Kecamatan Bastem Utara Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Bua – Toraja Kecamatan Bastem Utara Kabupaten Luwu dan penanganan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan  Bua – Toraja Kecamatan Bastem Utara Kabupaten Luwu.. Hasil penelitian menggunakan metode Surface Distress Index menyatakan bahwa jenis dan tingkat kerusakan jalan yang ada pada ruas jalan poros Bua – Toraja, yaitu retak 24%, berlubang 22%, dan bekas roda kendaraan 4% dengan nilai rata-rata SDI 8,75 yang berada pada kondisi baik dan perlu dilakukan tindakan penanganan, yaitu pemeliharaan rutin.

Research was carried out on location Bua – Toraja Road is an alternative road that connects the Luwu and Toraja areas. This road is precisely in North Bastem District, Luwu Regency. This research aims to determine the type and level of road damage on the Bua - Toraja road section, North Bastem District, Luwu Regency and treatment based on the type and level of damage that occurs on the Bua - Toraja road section, North Bastem District, Luwu Regency. The research results use the Surface Distress Index method. stated that the type and level of road damage on the Bua - Toraja axis road, namely 24% cracks, 22% potholes, and 4% vehicle ruts with an average SDI value of 8.75 which is in good condition and needs to be taken action handling, namely routine maintenance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Pratomo, A. P. (2023). Evaluasi Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus Ruas Jalan Desa Kapur). Seminar Nasional Insinyuran Profesional (SNIP), IV.

Anugrah, D. A. (2021). Analisa Penilaian Kondisi Jalan Raya Dengan Metode Surface Distress Index (SDI) Dan Present Serviceability Index (PSI) Studi Kasus : Duri Kecamatan Mandau.

BPS. (2023). Kecamatan Bassesangtempe Utara Dalam Angka 2023.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, (2004). Survei Kondisi Jalan Untuk Pemeliharaan Rutin, Nomor : 001 – 01/M/BM/1995.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, (2011). Survei Kondisi Jalan Untuk Pemeliharaan Rutin, Nomor : 001 – 01/M/BM/2011.

Frice L. Desei, Y. K. (2023). Evaluasi Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index dan International Roughness Index. Jurnal Konstruksia.

Gesvi Aptarila, F. L. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SsDI Taluk Kuantan-Batas Provinsi Sumatera Barat.

Hardiyatmo. (2015). Tabel Tingkat Kerusakan Struktur Perkerasan Lentur. Diambil Juni Kamis, 2024, Dari UMY Repository: http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/12364/LAMPIRAN%205%20TINGKAT%20KERUSAKAN%20JALAN.pdf?sequence=19&isAllowed=y

Ismail. (2022). Dosen tetap Yayasan Perguruan Tinggi Palembang . Survey Dan Evaluasi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan Suatu Ruas Jalan.

Jeprianto, E. n. (2022). Analisa Kerusakan Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Raya Kesamben-Solorejo Kabupaten Blitar Dengan Metode Surface Distress Index (SDI) (Vol. 12). Jurnal Rekayasa Sipil.

Joakim J. Liu, K. M. (2023). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI) di Ruas Jalan Oinlasi-Menu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Batakarang.

Naufal Fadhlur Rahman, D. R. (2021). Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI).

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, (No.13/PRT/M/2011). Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pekerjaan Umum. Depertemen Pekerjaan Umum

Rusdi Ibrahim, M. A. (2023). Analisis Kerusakan Payahe Kota Tidore Kepulauan Dengan Metode Surface Distress Index. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil.

SS Purwanto and Tommi Putra, ‘Analisis Perkerasan Jalan Pramuka Kecamatan Gandus Kota Palembang Ditinjau Dari Segi Biaya’, Jurnal Teknik Sipil, 8.1 (2019), 31–43 <https://doi.org/10.36546/tekniksipil.v8i1.224>.

Undang, U. (2004). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004.

Wiro, K. E. (2022). Analisis Kerusakan Perkerasan Dengan Metode Surface Distress Index (SDI) Dan Perencanaan Perbaikan Jalan.

Downloads

Published

2024-08-31