Tinjauan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Terhadap Pelaksanaan Peningkatan Jalan Poros Salakka - Bakka Kecamatan Sendana Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.35965/eco.v25i1.5779Keywords:
Jalan Raya, Jenis Peningkatan Jalan, Sistem Manajemen Keselamatan KonstruksiAbstract
Jalan Poros Salakka Bakka Kecamatan Sendana Kota Palopo merupakan salah satu jalan yang di akses oleh masyarakat. Jalan salakka bakka berada di bagian selatan kota palopo dengan jarak tempuh 12 km, dengan potensi lahan produktif berupa persawahan dan perkebunan. Secara umum proyek peningkatan ruas jalan Salakka Bakka Kecamatan Sendana Kota Palopo merupakan salah satu jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, proyek peningkatan jalan dikerjakan langsung oleh CV. Barata dan di awasi langsung oleh PT. Inovasi Konsulindo Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan apa saja yang telah terjadi serta untuk mengetahui tingkat kerusakan pada ruas Jalan Poros Salakka Bakka Kecamatan Sendana Kota Palopo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada ruas jalan yang di observasi yaitu sepanjang 926 Meter dengan jenis peningkatan talud yang memiliki pedalaman 20 sampai 30 cm, Beton dengan ukuran 17 sampai 20 cm.
Salakka Bakka Main Road, Sendana District, Palopo City is one of the roads accessed by the community. Salakka Bakka Road is located in the southern part of Palopo City with a distance of 12 km, with the potential for productive land in the form of rice fields and plantations. In general, the Salakka Bakka road improvement project, Sendana District, Palopo City is one of the roads that is greatly needed by the community to improve the community's economy, the road improvement project is carried out directly by CV. Barata and supervised directly by PT. Innovation of Konsulindo Raya. This study aims to determine what types of damage have occurred and to determine the level of damage to the Salakka Bakka Main Road, Sendana District, Palopo City. The method used in this study is the qualitative method. From the results of the research that has been carried out on the observed road section, namely along 926 meters with the type of embankment improvement that has a depth of 20 to 30 cm, Concrete with a size of 17 to 20 cm.
Downloads
References
Anwar, R. (2020). Pembangunan infrastruktur dan dampaknya terhadap ekonomi lokal. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 4(3), 45-60.
Arifin, Z. (2021). Peran infrastruktur dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat. Jurnal Transportasi dan Infrastruktur, 5(2), 112-123.
Budianto, S. (2020). Geografi dan potensi lahan produktif di Kota Palopo. Jurnal Geografi dan Lingkungan, 3(1), 34-49.
Dewi, L. (2021). Metode observasi dalam penilaian kondisi jalan. Jurnal Teknik Sipil, 8(1), 67-75.
Fajar, H. (2019). Pemadatan jalan dan stabilitas infrastruktur. Jurnal Konstruksi dan Material, 2(2), 88-99.
Husnain, M. (2019). Kinerja ekonomi masyarakat melalui peningkatan infrastruktur. Jurnal Ekonomi Rakyat, 7(4), 150-162.
Indrayani, T. (2020). Observasi jalan: Metodologi dan penerapan. Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan, 6(3), 78-90.
Kusnadi, J. (2021). Jembatan sebagai penghubung dalam pembangunan daerah. Jurnal Infrastruktur dan Pembangunan, 5(2), 200-210.
Lestari, P. (2022). Fungsi talud dalam konstruksi jalan. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 4(1), 45-58.
Mardiana, S. (2021). Keterlibatan generasi muda dalam proyek infrastruktur. Jurnal Pembangunan Manusia, 3(2), 102-115.
Nugroho, B. (2020). Kolaborasi sektor swasta dan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 33-47.
Putra, W. D. (2023). Analisis Penerapan Hierarki Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi Kasus Perencanaan Pembangunan Gedung Kantor BBPSDMP Kominfo Makassar). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 10309-10322.
Putra, A. (2021). Efisiensi transportasi dan dampak ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 90-105.
Ramadhan, F. (2022). Jembatan dan aksesibilitas: Analisis dampak sosial. Jurnal Sosial dan Ekonomi, 5(3), 150-162.
Rizal, H. (2021). Perekonomian lokal dan infrastruktur jalan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5(2), 75-89.
Suharto, A. (2021). Jenis peningkatan jalan dan dampaknya. Jurnal Teknik dan Konstruksi, 8(2), 110-125.
Sukma, R. (2019). Pembangunan infrastruktur dan kesadaran masyarakat. Jurnal Pembangunan Berkelanjutan, 4(2), 67-80.
Wahyu, L. (2020). Penimbunan jalan dan kelancaran transportasi. Jurnal Transportasi dan Pembangunan, 7(1), 54-66.
Widianto, E. (2021). Kolaborasi dalam pembangunan infrastruktur. Jurnal Manajemen Proyek, 2(3), 201-215.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisya Mansyur, Sudirman Sudirman, Haerianti Haerianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










