Perbandingan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Road Condition Index (RCI) dan Pavement Condition Index (PCI)

Authors

  • Shofya Habibah Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma
  • Indrajaya Indrajaya Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma
  • Sudirman Sudirman Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma
  • Muarif Muarif Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andi Djemma

DOI:

https://doi.org/10.35965/eco.v25i1.5915

Keywords:

Kerusakan Jalan, Road Condition Index, Pavement Condition Index (, Penanganan

Abstract

Bagaimana penanganan kondisi kerusakan jalan pada ruas Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Masamba. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu jenis penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan di dapat nilai Pavement Condition Index (PCI) untuk ruas Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara dalam penelitian ini adalah 70. Dari nilai PCI tersebut maka ruas jalan ini termasuk dalam Klasifikasi sedang (Fair). Tingkat kenyamanan dan kerataan (RCI) pada ruas Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara dapat di kategorikan cukup dilihat dari RCI maksimum sebesar 6 dengan kondisi baik (good) sedangkan RCI minimum sebesar 5 dengan kondisi sedang (fair). Berdasarkan hasil yang di dapatkan dari kedua metode yang digunakan pada ruas Jalan Hos Cokroaminoto, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara penanganan yang dapat dilakukan untuk metode PCI dengan nilai 56,09 klasifikasi Baik (Good) yaitu penanganan rehabilitasi, sedangkan untuk metode RCI dengan nilai 3,85 dan kondisi visualnya rusak/bergelombang banyak lubang yaitu pemeliharaan berkala.

How to handle road damage conditions on Jalan Hos Cokroaminoto, Masamba District. The method used by the researcher is a quantitative research type. Based on the calculation results, the Pavement Condition Index (PCI) value for Jalan Hos Cokroaminoto, Masamba District, North Luwu Regency in this study was 70. From the PCI value, this road section is included in the Fair Classification. The level of comfort and flatness (RCI) on Jalan Hos Cokroaminoto, Masamba District, North Luwu Regency can be categorized as sufficient, seen from the maximum RCI of 6 with good conditions while the minimum RCI is 5 with fair conditions. Based on the results obtained from the two methods used on the Hos Cokroaminoto Road section, Masamba District, North Luwu Regency, the handling that can be done for the PCI method with a value of 56.09 in the good classification is rehabilitation handling, while for the RCI method with a value of 3.85 and the visual condition is damaged/wavy with many holes, namely periodic maintenance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiman, E., Praksa, R., Frestantio, R., Nadim, A., Ribbiyuan, A., & Amri, K. (2023). Preservasi perkerasan lentur berdasarkan nilai kondisi jalan menggunakan metode pci di jalan srikandi kota pekanbaru. Racic Rab Construction Research, 8(2), 182-193.

Eriyanto, Agus Juara, S.T., M. . (2021). Analisis Kerusakan Ruas Jalan Patean - Weleri Kabupaten Kendal Menggunakan Metode Pavement Condition Index ( Pci ) Dan Metode Road Condition Index ( Rci ). Teras, 11(4), 31–38.

Hasrudin, L. and Maha, I. (2024). Analisis penilaian kondisi perkerasan jalan dengan metode pci (pavement condition index), sdi (surface distress index) dan iri (international roughness index). Syntax Idea, 6(4), 1881-1898.

Indonesia, R. (2004). Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004. Kaos GL Dergisi, 82, 1–21.

Juandana, H. (2023). Analisis Kondisi Perkerasan Dan Penanganan Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan (Studi Kasus: Ruas Jalan Cukul–Buni Kasih (Batas Kab. Garut) (Doctoral Dissertation, Universitas Sangga Buana Ypkp).

Karels, D. W., Frans, J. H., & Bire, N. P. (2018). Indeks Permukaan Perkerasan Jalan di Kompleks Kampus Undana Dengan Pemeriksaan Visual Menggunakan Metode PCI Dan RCI. Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 81-92.

Khairunnisa, S. and Buana, C. (2023). Analisis kondisi dan perbaikan perkerasan pada ruas jalan gresik – paciran km sby 28 sampai dengan km sby 38 dengan menggunakan metode pci dan sdi. Jurnal Teknik Its, 12(2).

Kristina, C. and Elvina, I. (2021). Identifikasi jenis dan penanganan kerusakan jalan (studi kasus jl. g. obos xii, jl. samudin aman, jl. jati kota palangka raya). Narotama Jurnal Teknik Sipil, 5(2), 28-36.

Marningsih, S., Purnawan, P., & Adji, B. M. (2020). Analisa Kerusakan Jalan dan Dampaknya Terhadap Lingkungan. Dampak, 17(1), 25-30.

Mutoharoh, A., Wahidin, W., Feriska, Y., & Taufiq, M. (2022). Analisis kerusakan perkerasan jalan dengan metode pavement condition index (pci) ruas jalan tanjung – kersana sta 0+000 s.d. 6+000. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 60-68.

Rabiupa, W., Rijal, K., & Dewi, N. (2023). Analisis kerusakan jalan menggunakan metode bina marga dan pci pada jalan tgh. lopan-bundaran gerung. Empiricism Journal, 4(1), 192-202.

Road, R. C. I., Index, C., Prasetya, B., Poernomo, Y. C. S., Winarto, S., Dewanta, R. K., & Azhari, F. M. (2021). JURMATEKS Mengurangi Laju Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode. 4(1).

Sandyna, A. N., Elfichra, A., Aqilla, A., Novaldi, K., & Adiman, E. Y. (2022). Analisis Perbandingan Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode PCI Dan Metode SDI (Studi Kasus: Jalan As-Shofa Pekanbaru. Journal of Infrastucture and Civil Engneering, 2(2), 95–105.

Sudirman, S. (2023). Analisis Tingkat Kerusakan Jalan. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(1), 40–51.

Sulfanita, A. and Andriyani, A. (2022). Analisa kerusakan lapis perkerasan lentur jalan menggunakan metode pavement condition index (pci) studi kasus jalan salokarajae desa pattondon salu kecamatan maiwa kabupaten enrekang. karajata, 2(2), 78-86.

Wardana, T., Mufidah, M., & Faisal, M. (2023). Studi komparasi pola penataan permukiman tepian sungai di indonesia dengan pendekatan riverfront architecture. Arsir, 7(1), 107.

Downloads

Published

2025-04-30

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>